Halaman:PDIKM 697-06 Majalah Aboean Goeroe-Goeroe Juni 1930.pdf/25

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini belum diuji baca

A. G. G. 139

FEUILLETON

KARENA HOEDJAN Soeatoe tjeritera jang sesoenggoehnja, Oleh: Red. A.G.G.)

24 Banjak terima kasih akan boedi Toke doea laki isteri, tetapi sesoenggoehnja saja tidak tahoe hal itoe, melainkan waktoe saja laloe dipasar Melintang kemarin, tiba - tiba bertemoe dengan Moehd. Noer, saudara sekampoeng saja, membawa saja bermalam diroemahnja.

Maksoed saja, memanglah akan mendapatkan Toke djoega disini, sebab begitoe pesan Ne, tetapi oWi karena saja tidak tahoe dimana Toke beroemah, saja poetoeskan sadja pikiran saja, siapa jang bertemoe dahoeloe, disitoelah saja menoempang bermalam.

Sementara akoe berkata-kata dengan Toke itoe, mata chefkoe koelihat tidak poetoes memperhatikan perkataan kami, sebab itoe akoe berkatakata dengan Toke itoe, seperti rasa akoe berkata dengan chefkoe itoe djoega.

Achirnja akan penoetoep pembitjaraan kami, Toke itoe berkata: ,,Nanti poekoel satoe, hendaklah Dj. datang keroemah kami dan akan saja soeroeh djepoet".

Permintaan Tok itoe, koeterimalah. Setelah Toke itoe berdjalan poelang, akoe moelailah menerima pekerdjaan dari chefkoe, ia menerangkan apa-apa jang patoet akoe kerdjakan dan menoendjoekkan bahagian - bahagian pekerdjaan itoe, setelah koeterima sekalian perintahnja, chefkoe berkata poela, soepaja akoe akan bekerdja dengan radjin dan teliti. ,,Saja akan bekerdja dengan radjin", djawabkoe kepada chefkoe itoe. Mendengar perkataankoe itoe, berseri-serilah koelihat moeka chefkoe itoe, menjatakan kebesaran hatinja dan akoepoen berdjandji dengan dirikoe sendiri, akan menetapi dan bekerdja soenggoeh - soenggoeh mendjalankan kewadjibankoe; akan berdosalah akoe kepada Allah, kalau kiranja gadji jang koeterima itoe, tidak sepadan dengan hasil pekerdjaan jang koelakoekan.

Setelah selesai pertjakapan kami jang berhoeboeng dengan dienst, moelailah chefkoe menanjakan halkoe, apa telah mendapat roemah tempat tinggal. Pertanjaannja itoe koedjawab, dengan mengatakan beloem dapat roemah. Nah, boleh Dj. bitjara sadja dengan Toke tadi, dia orang baik kata chefkoe, tentoe Toke itoe akan menolong mentjaharikan roemah dan chefkoe roepanja telah banjak mendengar chabar, tentangan perboeatan dan pertolongankoe kepada nona L. Nio dan orang toeanja laki isteri.