Halaman:PDIKM 697-06 Majalah Aboean Goeroe-Goeroe Juni 1930.pdf/18

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi

132

A.G.G



ingatan kita akan mentjatét sedikit, tanggal menerima verhooging itoe ?

Apa salah, tjatét sadja dalam almanak A. G. G. Memang, itoe moedah sekali. Tetapi maksoed saja tjatétan itoe berbekas. Apakah gérangan salahnja, kalau kita tjatétkan sekali pada tanggal itoe bertambah simpanan kita pada A.G.G. sebanjak verhooging itoe ? Atau lebih djelas : Tiap - tiap kali kita dapat verhooging, marilah kita simpankan seboelan tambahan itoe, pada bank kita A. G. G. Tidaklah akan meroesakkan benar kepada begrooting roemah tangga agaknja, djika verhooging jang datang boelan Mei atoerannja, kita terima sadja boelan Juni.

Dengan djalan demikian, moedah2an dalam jaarverslag nanti tidak lagi akan terdengar kalimat: ,Betoel tambahnja leden A. G. G. ada banjak, tetapi keadaan oeang bertambah moendoer".

Apa lagi menimbang keperloean beberapa leden ta' dapat lekas pertolongan, karena hampir semoea oeang terpakai, patoet benarlah kapitaal A.G.G. lekas-lekas dibesarkan.

Moedah-moedahan boeah pikirankoe ini djadi soeatoe djalan, jang djoega dipandang baik okleh teman sedjawat leden A.G.G. akan mentjapai tjita-tjita A.G.G. jang moelia : „Mendjaga keselamatan ledennja" (sub b artikel 2 dari statiiten). Boektikanlah ! ! !

Wassalam

ISMAIL.

(Commissaris A.G.G.)

TOEKASAN: Selainnja dari pada apa jang telah direntjanakan oléh engkoe Commissaris A. G. G. jang terseboet diutas inl, ada baiknja kalau kami njatakan poola pikiran kami tantangan menjimpan wang dalam perbendaharaan kita A. G. G.

Beberapa teman sedjawat ada bersangka: bahwa menjimpan wang dalam A. G. G., sama sadja halnja dengan menjimpan sendiri-sendiri di postspaarbank atau dipotongkan dimandaat gadji. Lebih-lebih baiknja menjimpan sendiri-sendiri itoe, katanja: „Kalau perloe, boleh lekas diambil atau dipergoenakan dengan tidak poela membajar keoentoengan".

Perkataan itoe benar djoega, tetapi dimasa sekarang, masa „sociaal", masa „persatoean" dan „pergaoelan", kita patoet beladjar dan maoe bersama-sama menjimpan berdikit-dikit, tentoe acbirnja mendjadikan djoemlah jang ooekan sedikit, dapat dlpergoenakan oentoek oemoem, penolong pergerakan bangsa dan tanah air, menoedjoe poesat kemadjoean.

Kalau saudara-saudara kita ditanah Djawa telah bergerak mendirikan Bank Nationaal, apakah tidak patoet poela bila kita di Soematera bersama-sama menoedjoe kearah jang demikian ?

RED.