Halaman:Massa actie.pdf/74

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi

— 70 —

kedjoedjoeran, kegembiraan, kerelaan dalam segala roepa pengorbanan. Djoega kamoe tidak boleh dikalahkan mereka dalam perdjoeangan sosial. Akoeilah dgn jg poetih bersih, bahwa kamoe sanggoep dan mesti beladjar dari orang Barat. Tapi kamoe djangan djadi peniroe orang Barat, melainkan seorang moerid dari Timoer jg tjerdas, soeka memenoehi kemaoean alam dan seteroesnja dapat melebihi kepintaran goeroe-goeroe nja di Barat.

Sbeloem bangsa Indonesia mengerti dan mempergoenakan segala kepandaian dan pengetahoean Barat, beloemlah ia tammat dari sekolah Barat. Karena itoe djanganlah mendjatoehkan diri kedalam kesesatan dgn mengira, bahwa keboedajaan Timoer jg doeloe atau sekarang lebih tinggi dari keboedajaan Barat sekarang. Ini boleh kamoe katakan, bilamana kamoe soedah melebihi pengetahoean, ketjakapan dn tjara berfikir oerang Barat. Sekoerang-koerangnja masjarakat kamoe soedah mengeloearkan orang jang lebih dari seorang Darwin. Newton. Marx dan Lenin, baroelah kamoe boleh bangga. Pada waktoe ini soenggoeh sia-sia dan ta'lajak bagi kamoe mengeloearkan perkataan soedah „lebih pinter", dan ta' perloe beladjar lagi, sebab banjak sekali jang beloem kamoe ketahoei, meskipoen, perkataan itoe keloear dari seorang bekas moerid jang meloepakan pengadjaran goeroenja. Kamoe beloem boleh membanggakan kelebihanmoe karena kamoe beloem lajak djadi seorang moerid, seperti terboekti dgn kekolotan dan akar-akar tachjoel jang masih berbelit-belit dalam kepalamoe. Dan bila sekalian kekaroetan itoe soedah lenjap dari kepalamoe, baroelah kamoe dianggap orang sebagai moerid dan moe lailah mempergoenakan fikiran „baroe” dgn sempoerna.

Djadi, djanganlah bimbang merampas kemerdekaan bila kamoe ingin mendjadi seorang moerid Barat. Djoega djangan diloepakan, bahwa kamoe beloem seorang moerid, bahkan beloem seorang manoesia, bila kamoe ta' ingin merdeka dan beladjar bekerdja sendiri! Bagi bangsa Indonesia tiada harapan akan memperoleh kemadjoean dibawah toemit Imperialisme Belanda. Bila seseorang ingin menaiki tangga sosial dan keboedajaan mestilah merdeka lebih doeloe dan pengetahoean tentang kemerdekaan, di Baratlah dilahirkan dan dipergoenakan.

Seseorang jang ingin mendjadi moerid Barat atau menoesia, hendaklah ingin merdeka dgn memakai sendjata Barat jang rationeel. Apabila soedah dapat baroelah dapat ia mentjiptakan satoe pergaoelan hidoep jg. baroe dan rationeel.

Kemoedian ketjakapan dan kamaoean menoeroet alam dapat toemboeh dan dgn itoe poela kekajaan tanah Indonesia jg ta' terkira itoe dapat dioesahakan dan dipergoenakan boeat keloehoeran bangsa Indonesia jg tertindas dan merana selama-lamanja dibawah tapak kaki Belanda.

Karena itoe, kamoe kaoem revoloesioner, siapkanlah barisanmoe dgn selekas-lekasnja.

Gaboengkanlah boeroeh dan tani jg berdjoeta2, serta pendoedoek kota dan kaoem terpeladjar didalam satoe Partai massa proletar.

Toendjoekkan kepada tiap2 orang Indonesia jang tjinta kemerdekaan arti kemerdekaan Indonesia dilapangan benda dan tjita2. Panggil dan himpoenkanlah orang2 jang berdjoeta2 dari kota dan desa, pantai serta goenoeng, kebawah pandji revoloesioner. Bimbingkanlah tangan si pembanting toelang dan boedak belian itoe hari ini dan besok, bawalah mereka