Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/96

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


HAMID ALGADRIE.png

HAMID ALGADRIE

Dilahirkan di : Pasuruan pada bulan Djuli 1912.

Pendidikan : -

Anggota partai : Partai Sosialis Indonesia (P.S.I.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, berturut2 mendjadi anggota Komite Nasional Indonesia Pusat ; Pegawai Tinggi Kementerian Luar Negeri ; Pegawai Tinggi pada Sekretariat Perdana Menteri dan Sekretaris Kementerian Penerangan Pusat. Disamping itu, iapun pernah duduk, sebagai anggota Badan Pekerdja K.N.I.P. Disekitar perundingan Renville dan Konperensi Medja Bundar, ia diangkat selaku Penasihat Delegasi Republik Indonesia. Dengan lahirnja Negara Republik Indonesia Serikat, ia memangku djabatan Penasihat Perdana Menteri R.I.S. mengenai urusan Minoritet.
Terwujudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I.


HANAN, Raden.png

HANAN, Raden

Dilahirkan di : Palembang pada tanggal 5 Nopember 1898.

Pendidikan : O.S.V.I.A.

Anggota partai : Persatuan Indonesia Raya (P.I.R.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : pertama terdjun dalam perniagaan. Kemudian sebagai Krani B.P.M. Pada tahun 1921, Klerk I dan selandjutnja Komis Redaktur B.B. Waktu pendudukan Djepang, sebagai Kepala Political Departement kemudia selaku Sitjo (Wali Kota). Pernah melawat ke Djepang sebagai utusan Palembang Sjusoitio. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ia memimpin gerakan perebutan kekuasaan pemerintahan Depang di Palembang. Sedjak itu ia diangkat selaku Wali-Kota Palembang. Pada bulan Maret 1947, ia diangkat sebagai sebagai Residen diperbantukan pada Sub-Gubernur Sumatera Selatan merangkap Sekretaris Propinsi Sumatera Selatan. Bulan Agustus 1947 - 1948 ; sebagai Wali Kota Palembang dan oleh Pemerintah Federal diangkat sebagai Hoofdambtenaar diperbantukan ; anggota B.F.C. dan B.F.O. ; Ketua Dewan Perwakilan Rakjat merangkap wakil Wali Negara Sumatera Selatan. Lahirnja Negara R.I.S., sebagai anggota Senat R.I.S. selaku utusan Negara Sumatera Selatan.
Leburnja Negara Sumatera Selatan dan terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, diangkat sebagai Pegawai Tinggi diperbantukan pada Gubernur Sumatera Selatan, disamping mendjadi anggota D.P.R. R.I.
Pergerakan: pernah mendjadi anggota „Insulinde” P.E.B. dan R.N.I.


HASAN, Mohamad.png

HASAN, Mohamad

Dilahirkan di : Martapura, Palembang pada tanggal 13 Oktober 1903.

Pendidikan : Normaalschool Djatinegara.

Anggota partai : Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : lulus dari sekolah, ia mendjadi Guru selama 4 tahun. Kemudian masuk sekolah Pulisi di Sukabumi dan setelah lulus, diangkat selaku Mantri Pulisi diberbagai tempat di Palembang. Masuk sekolah Hoofdagent Sukabumi dan kemudian diangkat sebagai Hoofdagent II di Tandjung Balai. Waktu pendudukan Djepang memangku djabatan Keibu, Komandan Detasemen diberbagai tempat di Sumatera Timur. Didjaman perdjuangan Kemerdekaan Indonesia, ia kembali ke Palembang dan bekerdja sebagai ambtenaar diperbantukan pada Residen Palembang. Kemudian diangkat sebagai Wedana Muara Enim. Waktu agresi ke-I, ia masuk kedaerah Republik dan ditempatkan selaku Wedana diperbantukan pada Residen Palembang di Lubuk Linggau. Tidak lama kemudian, diangkat sebagai Bupati dari Musi Ulu, Tebing Tinggi dan Rawas. Terdjadinja agresi ke-II, ia mendirikan Pemerintahan R.I. disekitar Lubuk Linggau. Pada bulan Pebruari 1949, ia ditangkap oleh tentara belanda. Sedjak 1 April 1949, ia dipekerdjakan selaku Wedana Rapat Tinggi di Palembang. Lahirnja Negara R.I.S., diangkat sebagai anggota D.P.R. R.I.S., Wakil dari Negara Sumatera Selatan. Lahirnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I.

88