Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/87

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


Djaetun Dirdjowioto

DJAETUN DIRDJOWIOTO

Dilahirkan di : Jogjakarta pada tanggal 27 Oktober 1896.
Pendidikan : —— ——
Anggota partai : Partai Kominis Indonesia (P.K.I.)
Kedudukan Sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau: setelah Negara Republik Indonesia diproklamirkan, ia diangkat selaku anggota Badan Pekerdja Komite Nasional Indonesia Pusat jang kemudian setelah Negara Republik Indonesia Serikat dilahirkan, mendjadi anggota D.P.R. R.I.S.

Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1950, diangkat sebagai anggota D.P. R. R.I.

Mr. Djaidin Purba

DJAIDIN PURBA, Mr.

Dilahirkan di : Nagori, Simelungun pada tanggal 1 Mei 1906.
Pendidikan : A.M.S. afdeling B di Djakarta dan Rijks-Universiteit Leiden Negeri Belanda.
Anggota partai : Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)
Kedudukan Sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau: sedjak tahun 1988 - 1942; sebagai Pengatjara dan Procureur pada Raad van Justitie di Medan. Pada waktu pendudukan Djepang antara tahun 1942 - 1947, djabatan2 jang pernah dipegangnja antara lain sebagai: Ketua Pengadilan Negeri di Pematang Siantar; Hakim pada Mahkamah Pengadilan Tinggi di Sumatera Utara; Docent pada Sekolah Militer di Prapat untuk kemudian ber-turut2 sebagai Docent pada Kursus Koperasi Propinsi Sumatera Utara dan Docent pada Sekolah Menengah Atas di Pematang Siantar.

Disamping itu pernah mendjadi Ketua K.N.I. Kabupaten Simelungun, Sumatera Timur. Pada bulan September 1947 hingga Djuli 1953, ia diangkat sebagai Wali-Kota Kota Medan, disamping mendjadi anggota D.P.R. Negara Sumatera Timur. Dalam Konperensi Medja Bundar di Negeri Belanda, duduk sebagai anggota Delegasi Negara Sumatera Timur. Lahirnja Negara R.I.S. sebagai anggota Senat R.I.S. Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I. Pada bulan Mei 1952, ia non-aktip sebagai anggota D.P.R.

Pada bulan Djuli 1952, ia ditetapkan sebagai Pegawai Tinggi diperbantukan pada Gubernur Sumatera Utara untuk kemudian dalam bulan Agustus 1953, aktip kembali sebagai anggota D.P.R. R.I.

Raden Djaswadi Suprapto DJASWADI SUPRAPTO, Raden
Dilahirkan di : Bodjonegoro pada tanggal 2 April 1916.
Pendidikan : M.U.L.O.
Anggota partai : Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)
Kedudukan Sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau: setelah tamat sekolah, ia bekerdja sebagai magang pada Pengadilan Negeri, kemudian selaku Klerk merangkap Gripir. Sedjak tahun 1945 - 1948, ia bergerak dalam lapangan persurat kabaran, diantaranja sebagai Pemimpin Redaksi „Suara Rakjat” di Modjokerto, Kediri dan Malang. Kemudian, pada Staf Redaksi „Trompet Masjarakat” dan Mingguan „Suara Masjarakat”.

Disamping itu, iapun pernah mendjadi anggota Dewan Haminte Malang dan anggota Dewan Perwakilan Rakjat Propinsi Djawa Timur. Pada tahun 1949 ia dipilih sebagai anggota B.F.O., kemudian sebagai Wethouder Haminte Malang.

Dengan lahirnja Negara R.I.S. diangkat sebagai anggota D.P.R. R.I.S. wakil dari Djawa Timur.

Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakjat R.I.

79