Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/86

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


Mr. Boerhanoedin

BOERHANOEDIN, Mr.

Dilahirkan di : Barabai, Kalimantan-Selatan pada tanggal 20 September 1909.
Pendidikan : Rechta-Hogeschool di Djakarta.
Anggota partai : tidak berpartai
Kedudukan Sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau: antara tahun 1938 hingga 1941. pernah memangku djabatan sebagai: Redaktur Dewan Bandjar Bandjarmasin untuk kemudian selaku pegawai Djawatan Koperasi dan Perdagangan Dalam Negeri di Brebes, Serang, Djakarta dan Bandjarmasin.

Setelah penjerahan Kedaulatan, ia mendjadi pegawai pada Kementerian Kemakmuran R.I.S. bagian Ekspor; wakil Kementerian Kemakmuran pada Fonds Perkebunan Karet Indonesia (Nirub). Lahirnja Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1950, ia duduk sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakjat R.I.

Mr. Boerhanoedin Harahap

BOERHANOEDIN HARAHAP, Mr.

Dilahirkan di : Medan pada tanggal 12 Pebruari 1917.
Pendidikan : Rechts-Hogeschool Candidaat II dan mendapat gelar sardjana-hukum pada Universitet „Gadjah Mada”.
Anggota partai : Madjelis Sjuro Muslimin Indonesia (MASJUMI)
Kedudukan Sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau: antara tahun 1942 hingga 1946, pernah bekerdja sebagai Djaksa pada Pengadilan Negeri di Djakarta dan kemudian sebagai Djaksa pada Pengadilan Negeri di Jogjakarta. Pada bulan Pebruari 1946 hingga Agustus 1950, pertama sebagai anggota B.P. Komite Nasional Pusat dan jang terachir sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakjat R.I. dengan kedudukan Ketua Fraksi Masjumi.

Pergerakan: sebagai Ketua Jong Islamieten Bond Tjabang Jogjakarta. Dalam tahun 1936 sebagai anggota P.P.P.I. (Perhimpunan Peladjar-Peladjar Indonesia) Djakarta. Antara tahun 1939 hingga 1941, selaku Komisaris Sekretaris „Studenten Islam Studieclub” di Djakarta.

Disamping itu, iapun pernah pula mendjadi anggota Pengurus Besar dan Sekretaris Umum Partai Masjumi.

Adji Raden Djoko Prawiro DJOKO PRAWIRO, Adji Raden
Dilahirkan di : Tenggarong, Kalimantan pada tanggal 15 Agustus 1915.
Pendidikan : M.U.L.O. Makassar dan Handelspractijk School di Surabaja tahun 1941.
Anggota partai : Persatuan Indonesia Raya (P.I.R.)
Kedudukan Sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau: sedjak tahun 1934 - 1936, bekerdja sebagai pengurus dan Guru Kepala H.I.S. Partikelir di Tenggarong. Kemudian selaku Wartawan. Antara tahun 1937 - 1941, ber-turut2 sebagai: pegawai pada Djawatan2 Kehutanan, Pamongpradja, Keuangan Swapradja, Pertanian dan P.T.T. Didjaman pendudukan Djepang ia diangkat sebagai Kepala Pendjawat (Guncho, Kepala Distrik). Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sedjak tahun 1947 - 1949, djabatan2 jang dipangkunja antara lain sebagai: Patih (Kepala Pemerintah Negeri); Ketua Dewan Dajak (Kutai Ulu); Ketua Dewan Kutai; Wakil Ketua Madjelis Pemerintah Daerah Kalimantan Timur untuk selandjutnja sebagai anggota Delegasi B.F.O. pada Konperensi Medja Bundar di Negeri Belanda. Lahirnja Negara R.I.S., duduk sebagai anggota Senat D.P.R. R.I.S., utusan dari Daerah Kalimantan Timur.

Lahirnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I. Disamping itu, pada bulan Agustus 1950, ia diangkat selaku anggota Penasihat Delegasi Indonesia ke-Sidang Biasa ke-8 P.B.B. di New York. Kemudian, turut pula dalam Delegasi Indonesia untuk konperensi Unie Parlementair ke Amerika Serikat.

Pergerakan: tahun 1933, ia pernah mendjadi Ketua J.I.B. Tjabang Malang dan Sekretaris Umum Hoofdbestuur „Suluh Pemuda Indonesia”.

78