Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/82

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


ABDULWAHAB CHASBULLAH, K.H.
Dilahirkan di : Djombang pada bulan Agustus 1889.
Pendidikan : Sekolah Pesantren Tambakredjo dan Sekolah Pesantren Tebuireng Djombang (Surabaja).
Anggota partai : Nahdatul Ulama (N.U.)
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : sedjak umur 7 tahun hingga 34 tahun, banjak ia menpeladjari ilmu Agama Islam sehingga dengan ilmu jang didapatnja, ia mendjadi Guru Agama Islam. Diwaktu pendudukan Djepang, ia diangkat sebagai anggota Sangi Kai di Surabaja jang kemudian setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, oleh Presiden diangkat mendjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung di Jogjakarta. Disamping itu, iapun mendjabat selaku Wakil Ketua Panitia Hadji Indonesia (P.H.I.). Lahirnja Negara Kesatuan sebagai anggota D.P.R. R.I.
Pergerakan : setelah kembali dari Mekah, dibentuknja beberapa perkumpulan mengenai urusan agama dan madrasah2, seperti perkumpulan „Tawirulafkar”, „Nahdatul Wathon” dan Nahdatul Ulama.
Dalam partai Masjumi, ia pernah diangkat sebagai Ketua Madjelis Sjuro Masjumi.



ABDUROCHMAN WANGSADIKARTA, R.
Dilahirkan di : Purwakarta pada tanggal 1 Maret 1905.
Pendidikan : H.I.S.
Anggota partai : Persatuan Progresip.
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia ia duduk selaku anggota Komite Nasional Pusat, dimana ia mewakili Partai Tani Indonesia. Dengan lahirnja Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1950, ia mendjadi anggota D.P.R. R.I.
Pergerakan : perdjuangan hidupnja, banjak ditjurahkan dalam lapangan pergerakan, dimana ia pernah duduk selaku Ketua P.N.I. Tjabang Subang.
Pada tahun 1932, ia mendjadi Ketua „Partindo” Tjabang Subang untuk selandjutnja pada tahun 1943, masuk „Putera” Bagian Keselamatan Umum di Purwakarta.
Pada bulan Desember 1945 - 1950, ia mendjabat Ketua Dewan Pimpinan „Persatuan Tani Indonesia” (Perti) di Purwakarta, kemudian dalam bulan Djuli 1947, ditawan oleh Nefis selama 2 bulan.



ABIDIN, Prof. S. M.
Dilahirkan di : Pariaman pada tanggal 12 Djuli 1910.
Pendidikan : T.H.S. Bandung - M.O. Wiskunde K.I. tahun 1926 dan M.O. Boekhouden K. XII dan Q tahun 1942.
Anggota partai : Partai Buruh
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat R.I.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : sedjak tahun 1935-1940, ia bekerdja selaku Guru Kweekschool Pendidikan Islam di Bandung. Kemudian pada P.H.S. di Djakarta. Waktu pendudukan Djepang, bekerdja sebagai Inspektur di Djakarta untuk selandjutnja dalam tahun 1944 - 1946, sebagai Guru Besar Professor pada Sekolah Tehnik Tinggi di Bandung dan Guru Besar Sekolah Tehnik Tinggi di Jogjakarta.
Sedjak tahun 1947-1950, ia duduk sebagai anggota Badan Pekerdja K.N.I.P. dan sebagai anggota D.P.R. Negara Republik Indonesia. Lahirnja Negara R.I.S. sebagai anggota D.P.R. R.I.S. dan terwudjudnja Negara Kesatuan, sebagai anggota D.P.R. R.I. dan selaku Ketua Fraksi Buruh. Kemudian dinon-aktipkan sebagai anggota D.P.R. karena pengangkatannja sebagai Menteri Perburuhan dalam Kabinet Mr. Ali Sastroamidjojo.
Pergerakan : aktivitetnja ditudjukan dalam lapangan perburuhan.

74