Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/80

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


ACHMAD SUMADI.png

ACHMAD SUMADI

Dilahirkan di : Gresik, Djawa-Timur pada tanggal 18 April 1909.

Pendidikan : N.I.A.S. dan A.M.S. Bag. B.

Anggota partai : Partai Kominis Indonesia (P.K.I.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

setelah menamatkan sekolahnja, pada tahun 1929 hingga 1934, ia bekerdja dalam lapangan Perguruan, antaranja selaku Guru pada Perguruan Rakjat di Djakarta. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, antara tahun 1946-1948 ia bergerak dalam lapangan persurat kabaran, dimana ia mendjabat Redaktur ..Persatuan Indonesia”, ..Indonesia Berdjuang" dll. Achirnja ia terdjun dalam angkatan bersendjata R.I. Antara tahun 1949 - 1950, bekerdja sebagai pegawai dari kantor pembangunan Patipilahy.

Lahirnja Negara R.I.S. sebagai anggota D.P.R. R.I.S. Terwudjudnja Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1950, sebagai anggota D.P.R. R.I.

Pergerakan : dalam lapangan pergerakan, ia termasuk salah satu anggota ,,Partindo” dan P.K.I. jang aktip. Pada tahun 1938 oleh pemerintah Hindia Belanda alm. ia dibuang ke Digul dan baru kembali pada tahun 1946.

Disamping itu, iapun pernah mendjabat Ketua Umum Sarekat Buruh Laut dan Pelabuhan.


ACHIEN, Alwi Abubakar.png

ACHIEN, Alwi Abubakar

Dilahirkan di : Kudus, Djawa-Tengah pada tanggal 12 Djuli 1915.

Pendidikan : ---

Anggota partai : Nahdatul Ulama (N.U.)

Kedudukan sekarang: Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

dalam tahun 1938, ia bekerdja sebagai Redaktur Harian ,,Djawa Tengah” di Semarang. Kemudian pindah ke Bandung dan mendjadi Wakil Direktur Rumah Obat ,Karuhun”; Direktur N.V. Handel & Industry Maatschappy ,,Tjemara” dan Pabrik Tenun ,,Tjemara” Bandung dan Garut; Perseroan Dagang ,,Waras” N.V. Djakarta dan sebagai Kuasa Toko ,,Garuda”, Perdagangan Batik di Bandung.

Waktu pendudukan Djepang hingga proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ia aktip dalam kepartaian. Lahirnja Negara R.I.S. sebagai anggota D.P.R. R.I.S. Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I.

Pergerakan : sedjak tahun 1931 hingga pendudukan Djepang ia aktip dalam Perhimpunan Nahdatul Ulama. Antaranja di Djember dan Kudus : Ketua Keuangan Masjumi dan Intendance Hizbullah dan Sabilillah di Priangan.

Disamping itu ia merupakan tenaga penegak Partai Gerakan Muslimin Indonesia dimana ia terpilih selaku Wakil Ketua G.M.I. ; anggota Badan Eksekutip Masjumi Wilajah Djawa Barat dan sebagai Ketua P.B. Nahdatul Ulama Departemen Ekonomi.


AIDIT, Dipa Nusantara.png

AIDIT, Dipa Nusantara

Dilahirkan di : Sumatera pada tanggal 30 Djuli 1923.

Pendidikan : Sekolah Menengah Dagang - Asrama Pendidikan Politik Angkatan Baru Indonesia.

Anggota partai : Partai Kominis Indonesia (P.K.I.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

sedjak pendudukan Djepang hingga permulaan proklamasi, ia turut dalam gerakan semi-illegal Pemuda Angkatan Baru di Djakarta dan dalam persiapan proklamasi.

Setelah Kemerdekaan Indonesia diproklamirkan ber-sama dengan pemimpin lainnja, didirikannja beberapa organisasi diantara sebagai organisasi Angkatan Pemuda Indonesia (A.P.I.) disamping turut aktip dalam organisasi masa seperti : Barisan Api ( Angkatan Pemuda Indonesia), Barisan Rakjat dan Barisan Buruh Indonesia jang kemudian diangkat sebagai anggota Dewan Pimpinan Pusat dan Ketua Barisan A.P.I. di Djakarta. Dalam bulan September 1945, ditangkap oleh Djepang, Inggeris kemudian diserahkan kepada tentara Belanda, dan baru dibebaskan setelah terdjadinja perundingan Indonesia-Belanda. Pada tahun 1947. ia dipilih sebagai anggota K.N.I.P. Pleno. Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, pada tanggal 20 Pebruari 1954 ia diangkat sebagai anggota D.P.R. R.I.

Pergerakan : sedjak berumur 16 tahun ia masuk dalam gerakan Nasional dan mendjadi anggota jang kemudian diangkat sebagai Ketua Dewan Komisaris Pimpinan Pusat ,, Persatuan Timur Muda” ( Pertimu) di Djakarta. Dalam tahun 1940 hingga pendudukan Djepang, ber-turut sebagai : anggota ,,Gerindo” (Gerakan Rakjat Indonesia) ; Wakil Ketua Pimpinan Pusat Persatuan Buruh Kendaraan (P. B.K.); masuk P.K.I. dan ber-sama dengan gerakan pemuda non-Kominis mendirikan untuk kemudian mendjadi pemimpin ,,Gerindom" (Gerakan Indonesia Merdeka). Pertengahan tahun 1946 - 1951, sebagai : Sekretaris dan anggota Dewan Eksekutip Front Demokrasi Rakjat (F.D.R.). Terachir mendjadi anggota Politbiro Central Comite P.K.I. dan Sekretaris pertama Central Comite P.K.I.

Sedjak tahun 1951-1954, berturut dipilih selaku Sekretaris Djenderal dari C.C. P.K.I.

78