Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/79

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


ADNAN, R. H. Moehamad
Dilahirkan di : Surakarta pada tanggal 16 Mei 1889.
Pendidikan : Madrasah Mamba'ul Ulum Solo dan menuntut ilmu Agama di Hedjaz, India, Cairo dll.
Anggota partai : tidak berpartai.
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat. Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : sedjak tahun 1918 - 1921, sebagai Guru Agama Islam dan Bahasa Arab di Madrasah Cheiriah di Surakarta; Anggota (Dewan Agama) Pengadilan Agama di Surakarta dan Adjudan Penghulu Pengadilan Negeri di Surakarta. Antara tahun 1980 - 1941 : selaku Kepala Penghulu Pengadilan Negeri di Surakarta : Ketua Mahkamah Islam Tinggi di Djakarta untuk kemudian di Surakarta. Waktu pendudukan Djepang, sebagai anggota Dewan Kota Djakarta-Raya dan Maha Guru Ken Koku Gakuin Djakarta. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, selaku Penasehat P.M.I. Pusat Djakarta, selandjutnja selaku anggota Penerangan Barisan Hizbullah, Sabilillah, Barisan Kyai dan Penasihat Panitia Pembantu Sosial di Surakarta. Disamping itu, iapun mendjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung R.I. di Jogjakarta. Lahirnja Negara R.I.S. sebagai anggota D.P.R. R.I.S. Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali sebagai anggota D.P.R. R.I.
Pergerakan : sedjak tahun 1946 - 1950; anggota Masjumi Bagian Madjelis Sjuro ; Penasehat P.B. Nahdlatul Ulama : Ketua Pertahanan Rochani didaerah Solo : Wakil Ketua Panitia Penjelidik Hukum Islam di Jogja ; ketua Misi Hadji R.I. ke Hedjaz dan Ketua Panitia Pemeriksaan Qur'an di Jogjakarta.



AHEM ERNINGPRADJA
Dilahirkan di : Tjilimus (Kuningan), Djawa Barat pada tanggal 16 September 1912.
Pendidikan : -
Anggota partai : Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : sedjak tahun 1932 hingga 1934, ia bekerdja sebagai pegawai pada Departemen Kemakmuran (Economische Zaken), kemudian antara tahun 1984 - 1938, selaku pemimpin rombongan (groepleider) dari Bevolkingsrubber Riau. Pada tahun 1940 hingga 1948, sebagai pegawai Djawatan Perkebunan. Dengan lahirnja Negara R.I.S. ia duduk sebagai anggota D.P.R. R.I.S., wakil Republik Indonesia. Terwudjudnja Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1950, sebagai anggota D.P.R. R.I.
Pergerakan : pernah mendjabat Ketua Umum Putjuk Pimpinan ,,Sarbuperi” (Sarikat Buruh Perkebunan Republik Indonesia).



AZHARI, Kiyai Hadji Ahmad Dilahirkan di : Palembang pada tahun 1900.
Pendidikan : Al Azhar University Cairo.
Anggota partai : Madjelis Sjuro Muslimin Indonesia (MASJUMI)
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : sedjak tahun 1934 - 1942, ia bekerdja sebagai Pemimpin Sekolah Rendah dan Menengah Islam di Palembang.
Didjaman pendudukan Djepang, jaitu antara tahun 1942-1945, duduk selaku anggota Palembang Syu Sangi Kai. Terwudjudnja Negara R.I.S., duduk sebagai anggota D.P.R. R.I.S., wakil dari Negara Sumatera Selatan.
Lahirnja Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1950, sebagai anggota D.P.R. R.I.
Pergerakan : selama di Cairo ia memimpin Madjalah Bulanan. „Usaha Muda” dan disamping itu mendjadi Ketua Perhimpunan „El Djam'ijah El Chairijah”. Setelah ia berada kembali di Indonesia, antara tahun 1937-1942, ia terpilih selaku Pemimpin Partai Sjarikat Islam Indonesia, kemudian pada tahun 1945, sebagai Pemimpin Masjumi Sumatera Selatan.

71