Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/78

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


AMELZ
Dilahirkan di : Kotabuluh, Tapa'Tuan (Atjeh) pada 25 Djanuari 1921.
Pendidikan : -
Anggota partai : tidak berpartai
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : pada tahun 1939 - 1942; sebagai Redaktur „Penerangan Islam” dan „R.P.” di Bukittinggi ; Pemimpin Redaksi Madjalah „Widjaja” di Medan. Waktu pendudukan Djepang, sebagai Redaktur „Atjeh Sijimbun” di Kotaradja. Pada tahun 1944, sebagai pegawai pada Kantor Kosei Kyoku di Kotaradja.
Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia ia memangku djabatan Pemimpin Umum Harian „Semangat Merdeka” di Kotaradja. Lahirnja Negara R.I.S. sebagai anggota D.P.R. R.I.S. dan terwudjudnja Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1950, sebagai anggota D.P.R. R.I.
Pergerakan : pernah sebagai Anggota Badan Pekerdja Dewan Perwakilan Rakjat Atjeh dan Ketua Badan Pindjaman Nasional; Anggota K.N.I.P.; anggota Badan Eksekutip D.P. Rakjat Propinsi Sumatera Utara jang kemudian diangkat sebagai Akting Ketua Badan tsb.



AMRI YARA
Dilahirkan di : Bengkulu pada tanggal 19 Djuli 1914.
Pendidikan : H.B.S. Bag. A 5 Tahun.
Anggota partai : Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : sedjak tahun 1937, ia bekerdja selaku AIB untuk kemudian pada tahun 1939, diangkat sebagai Asisten Wedana.
Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1946 ia mendjabat Sekretaris Keresidenan Bengkulu dan dalam tahun 1949 Sekretaris Bagian Sipil R.I.S. pada Gubernur Militer Sumatera Selatan. Setelah penjerahan kedaulatan, pada tahun 1950 ia diangkat sebagai Bupati Bengkulu Utara.
Dengan lahirnja Negara R.I.S. duduk sebagai anggota D.P.R. R.I.S. wakil dari R.I. Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I.
Pergerakan : antara tahun 1928 - 1933, pernah mendjadi anggota „Jong Sumatranen Bond” dan „Jong Islamieten Bond”.
Pada tahun 1934 - 1941, sebagai anggota Persatuan Peladjar H.B.S. dan Persatuan Pegawai Bestuur „Bumiputera”.



ANDI GAPPA
Dilahirkan di : Bone, Sulawesi pada tanggal 7 Agustus 1919.
-
Anggota partai : Madjelis Sjuro Muslimin Indonesia (MASJUMI)
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : sedjak tahun 1938 - 1946, ia bekerdja sebagai Kepala Distrik Kadjuara Landschap Bone. Kemudian, dalam tahun 1947 - 1949. antara lain sebadai: Anggota Hadat Landscha Bone ; Anggota Dewan Sulawesi Selatan ; Anggota Konperensi Den Pasar sebagai anggota Parlemen N.I.T.: Pegawai diperbantukan pada Kabinet Perdana Menteri Indonesia Timur untuk kemudian selaku anggota Misi Persaudaraan ke Republik Indonesia.
Disamping itu, sedjak tahun 1949 - 1950, duduk sebagai anggota B.F.C. Bandung. Terwudjudnja Negara R.I.S. diangkat sebagai anggota D.P.R. R.I.S., wakil dari Negara Indonesia Timur.
Lahirnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I.

70