Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/76

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


Assaat, Mr. Gelar Datuk Mudo

ASSAAT, Mr. Gelar Datuk Mudo

Dilahirkan di : Bukittinggi pada tanggal 18 September 1904.
Pendidikan : Rechta-Hogeschool dan Universiteit Leiden bagian Hukum tahun 1939.
Anggota partai : tidak berpartai.
Kedudukan Sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalamn jg. lampau: setelah lulus dari Universiteit Leiden bagian Hukum sedjak tahun 1940-1941, ia bekerdja sebagai Pengatjara di Djakarta dan disamping intu selaku Pengurus N.V. Centrale Hulp-spaar dan Hypotheek Bank di Djakarta. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, duduk dalam Badan Pekerdja K.N.I.P. di Jogjakarta menggantikan St. Sjahrir jang mendjadi Perdana Menteri. Pada tahun 1949, ketika terbentuknja Negara R.I.S. ia dipilih sebagai Akting Presiden R.I. di Jogjakarta. Leburnja Negara R.I.S. dan terwujudnja Negara kesatuan, disamping sebagai anggota D.P.R. R.I. ia terpilih untuk menduduki korsi Menteri Dalam Negeri dalam Kabinet Parlementer Moh. Natsir, Kabinet ke-XI Negara R.I.

Pergerakan: pada tahun 1929 hingga 1930, ia pernah mendjadi Bendahari Pengurus Besar „Pemuda Indonesia” jang kemudian sebagai Bendahari Komisi Besar „Indonesia Muda”. Sedjak tahun 1931-1932 selaku Pembantu „Partindo” Djakarta. Pernah mendjadi Partai Sosialis. Dengan petjahnja Partai Sosialis mendjadi 2 partai ia melepaskan diri dari kedua partai tsb.

Ateng Kartanahardja

ATENG KARTANAHARDJA, Dr. R.

Dilahirkan di : Djember pada tanggal 6 Djuli 1912.
Pendidikan : ----.----.
Anggota partai : Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)
Kedudukan Sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau: setelah untuk beberapa lama ia bekerdja sebagai Dokter achli penjakit peparu dibeberapa tempat, antara lain di Tjisarua Patjet Djakarta, dan di Djember dalam hubungan dengan D.V.G. dan S.C.V.I. maka dengan terbentuknja Negara R.I.S. ia terpilih untuk duduk sebagai anggota D.P.R. R.I.S.

Lahirnja Negara Kesatuan kembali pada tanggal 17 Agustus 1950, tetap sebagai anggota D.P.R. R.I.

Andi Lolo, Duna ANDI LOLO, Duna
Dilahirkan di : Makale, Sulawesi-Selatan pada tanggal 21 Maret 1929.
Pendidikan : Bestuursopleiding.
Anggota partai : Partai Kedaulatan Rakjat (P.K.R.)
Kedudukan Sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau: tamat dari Bestuursopleiding, ia diangkat sebagai Mantri Pulisi Kota Makassar. Kemudian pindah ke Makale dan disanaia mendjabat sebagai Kepala Distrik Makale.

Waktu pendudukan Djepang, mendjadi Syu Kai Giin hingga proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Pada tahun 1950, ia diangkat sebagai anggota Hadat Tinggi Sulawesi Selatan untuk kemudian sebagai Kepala Distrik.

Dalam Negara R.I.S. selaku anggota D.P.R. R.I.S. Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I.