Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/74

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


Mr. Sartono.png


Mr. Sartono


SARTONO, Mr.

Dilahirkan di: Wonogiri, Surakarta pada tanggal 5 Agustus 1900.

Pendidikan: Universiteit Leiden Negeri Belanda tahun 1925.

Anggota partai: Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)

Kedudukan sekarang: Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau:

setelah ia lulus dari Sekolah Hukum, sedjak tahun 1926 membuka praktek pengatjara di Bandung.

Setelah proklamasi Kemerdekaan dan persetudjuan Rum-Rooyen ditanda tangani, ia mendjadi penasihat, umum delegasi Republik Indonesia.

Selain itu ia pernah mendjadi Ketua angket-komisi B.P. K.N.I.P. disekitar peristiwa pemogokan Delangu dan ditugaskan untuk menjelidiki hal2 jang berhubungan dengan Badan Tekstil Negara. Pada bulan Desember 1948, diangkat sebagai Ketua Misi Djasa-djasa Baik R.I. ke Negara Indonesia Timur, tapi maksud itu tak dapat dilaksanakan. Dalam lapangan ekonomi jaitu koperasi tahun l948 -1950 ia membantu gerakan karet di Leuwiliang dan berbaail mendirikan 12 buah koperasi karet dan 12 buah paberik karet.

Lahirnja Negara R.I.S. dan kemudian Negara Kesatuan R.I. ber-turut2 ia dipilih selaku Ketua Dewan Perwakilan Rakiat R.I.S. untuk selandjutnja Ketua D.P.R. R.I.

Pergerakan : selagi beladjar di Negeri Belanda, turut aktip sebagai Sekretaris ,,Perhimpunan Indonesia". Setelah tiba kembali di Indonesia, disamping Bung Karno, Dr. Tjipto, Sardjono, ia termasuk salah sutu tokoh pergerakan jang aktip dalam pimpinan P.N.I. dimana ia memangku djabatan Wakil Ketua dan Ketua Pengurus Harian. Dalam tahun 1950, ia bertindak selaku salah satu pembela disekitar proses Bung Karno. Dengan dibubarkannja P.N.I. oleh Pemerintah Hindia Belanda alm., ia termasuk salah satu tenaga penegak ,,Partindo". Pertama selaku Ketua, kemudian sebagai Wakil Ketua (Ketua dipegang oleh Bung Karno) Setelah ,,Partindo" dibubarkan lagi, didirikan pula ,,Gerindo", disini ia duduk sebagai Wakil Ketua dari Pimpinan ,,Gerindo".

66