Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/51

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


DJUANDA, ir.png


DJUANDA, Ir.

Dilahirkan di : Tasikmalaja pada tanggal 10 Djuli 1911.

Pendidikan : Technische-Hogeschool.

Anggota partai : tidak berpartai.

Kedudukan sekarang: Kepala Biro Perantjang Negara.

Pe.kerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

sedjak tahun 1987 - 1942 ia pernah mendjabat Direktur Sekolah Menengah ,,Muhammadijah" di Djakarta dan kemudian pada Djawatan Irigasi Propinsi Djawa Barat.

Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sedjak bulan Maret 1946 1 9. ia ber turut2 mendjabat: Menteri Muda Perhubungan, kemudian Menteri Perbubungan dalam Kabinet St. Sjahrir ke-II dan ke-III; Menteri Perhubungan dalam Kabinet Amir Sjarifuddin dan Menteri Perhubungan merangkap Menteri Pekerdjaan Umum a.i. dalam Kabinet Presidentil Moh. Hatta (djabatan Menteri Pekerdjaan Umum achirnja diserahkan kepada Ir. Laoh). Dalam Konperensi Medja Bundar di Negeri Belanda ia diangkat selaku Ketua Komisi untuk soal² keuangan dan perekonomian. Lahirnja Negara R.I.S., dan terbentuknja Kabinet Moh. Hatta. ia terpilih untuk menduduki korsi Menteri Kemakmuran R.l.S.

Setelah Negara Kesatuan diwudjudkan kembali, ber-turut2 mendjadi Menteri Perhubungan dalam Kabinet Moh. Natsir, Kabinet Sukiman Suwirjo dan dan dalam Kabinet Wilopo-Prawoto.


SOETIKNO SLAMET, Mr.png


SOETIKNO SLAMET, Mr.

Dilahirkan di : Pagu, Kediri pada tanggal 26 Desember 1914.

Pendidikan : Rechts-Hogeschool tahun 1939.

Anggota Partai : Nasional Indonesia (P.N.I.)

Kedudukan sekarang: Thesaurir Djenderal Kementerian Keuangan.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

pada tahun 1944 hingga tahun 1946, ia bekerdja selaku Adjun Inspektur Keuangan dan mewakili Kepala Inspekai Keuangan Tjirebon. Didjaman perdjuangan ia mendjabat Kepala Djawatan Padjak merangkap Kepala Bagian Uang, Kridit dan Bank hingga tahun 1948.

Dengan terbentuknja Negara Kesatuan ia ditempatkan di Kementerian keuangan sebagai Thesaurir Djenderal.

Pergerakan: pernah turut serta dalam Perkumpulan ,.Indonesia Muda".


SJAFROEDIN PRAWIRANEGARA. Mr.png


SJAFROEDIN PRAWIRANEGARA. Mr.

Dilahirkan di : Anjerkidul, Banten pada tanggal 28 Pebruarl 1911.

Pendldikan : Rechts-Hogeschool Djakarta tahun 1040.

Anggota partai : Madjelis Sjuro Mus1imin Indonesia (MASJUMI)

Kedudukan sekarang : Gubernur Bank Indonesia.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

setelah lulus pendidikan inspektur keunngan di Kediri, ia diangkat sebagai Kepala Kantor Belasting di Kediri. Didjaman Djepang selaku Kepala Kantor Belasting di Bandung.

Didjaman Republik Indonesia, pernah mendjabat Menteri Muda kemudian Menteri Keuangan dalam Kabinet St. Sjahr, Kabinet ke-III dan ke-IV Negara Kesatuan : Menteri Kemukmuraan dalam Kabinet Presidentil Moh. Batta dan Pemimpin Delegasi Indonesia ke Konperensi ECAFE di Manilla. Waktu agresi kedua, ditundjuk selaku Perdana Menteri Pemerintaah Darurat R.I. di Sumatera. Dalam tahun 1949, merangkap djabatan Menteri Pertahanan dan Menteri Penerangann Pemerintahan Darurat R. I. di Sumatera. Kembalinja Repuhlik Indonesia di Jogjakarta, diangakat sebagai Wakil Perdana Menteri dengan kedudukan di Kotaradja. Lahirnja Negara R.I.S. dan terbentuknja Kabinet Hatta, dipilih selaku Menteri Keuangun R.I.S.

Dalam Kabinet Moh. Natsir sebagai Menteri Keuangan. Pada bulan Djuli 1951, atas putusan Presiden ia diangkat sebagai Presiden De Javase Bank. Setelah De Javase Bank N.V. dinasionalisir mendjadi Bank lndonesia, ia diangkat sebagai Gubernur Bank Indonesia.

Pergerakan: salah satu promotor dalam mendirikan U.S.l. (Unitas Studio-serum Indonesiensis) dan ,,Perhimpunan Mahasiswa Indonesia". Sedjak tahun 1940-1942 sebagai adm. Perserikatan Perhimpunan Radio Ketimuran dan selaku Redaktur ,,Suara Timur".

43