Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/49

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


HUTASOIT, M.

Dilahirkan di : Siborong-borong, Tapanuli pada tanggal 28 Maret 1910.

Pendidikan : H.A. (Hoofd Akte) tahun 1935 dan Bahasa Indonesia tahun 1940

Anggota partai : Partai Katholik Indonesia (PARKINDO)

Kedudukan sekarang : Sekretaris Djenderal Kementerian P.P. &.K.

Pekerdjaan dan peng-

alaman jg. lampau : sedjak tahun 1931-1940, bekerdja sebagai Guru Schakelschool Tjimahi; H.A. Kursus Bandung; Guru dan pedjabat Kepala Sehakelschool Palembang, Kursus Bahasa Indonesia Fokker dan Kepala H.I.S. di Meulaboh. Sedari tahun 1940 hingga pendudukan Djepang; sebagai kepala H.I.S. Perbaungan dan Kepala Sekolah Pertanian Menengah Medan. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ia diangkat sebagai Bupati Urusan Umum, Gubernur Sumatera, Pematang Sintar: Residen Sumatera Timur dan selandjutnja sebagai Kepala Djawatan P.P. & K. Sumatera, Bukit tinggi (Djab. Inspektur Umum). Lahirnja Negara R.I.S., kemudian Negara Kesatuan, diangkat sebagai Kepala Bagian Kursus² Kementerian P.P. &.K. Pada bulan Desember 1953, sebagai Acting Sekretaris Djenderal Kementerian P.P. & K. jang kemudian, Pebruari 1954 diangkat sebagai Sekretaris Djenderal menggantikan Mr. Hadi. Disamping itu ia pernah dikirim keluar negeri oleh Pemerintah untuk mempeladjari kewadjiban beladjar di-negara² India, Pakistan, Philipina, Thailand, Prantjis, Belanda dan Swiss. Ia banjak menulis tentang soal pendidikan.


KAFRAWI, Moh. R

Dilahirkan di : Ambuton, Madura pada tanggal 4 April 1911.

Pendidikan : A.M.S. Malang dan M.O.S.V.I.A. Probolinggo tahun 1980.

Anggota partai : Madjelis Sjuro Muslimin Indonesia (MASJUMI)

Kedudukan sekarang : Sekretaris Djenderal Kementerian Agama.

Pekerdjaan dan peng-

alaman jg. lampau : antara tahun 1930 - 1942, ia bekerdja dalam lapangan kepulisian dan selaku Fiscaal-Griffier Pengadilan Negeri di Bangkalan: berkali-kali mendjabat Tjamat di Lenteng, Batumarmar Pamekasan, Kendit Pemanukan hingga datangnja Djepang di Indonesia. Sedjak tahun 1943 - 1945, selaku Kepala Bagian Perekonomian Kantor Besuki Syu dan Wedana Tanggul Djember. Didjaman perdjuangan ia dipilih mendjadi Residen Besuki-Darurat. Kemudian sebagai Kenala Bagian Plebisit pada Biro Kabinet Urusan Daerah Pendudukan; Ketua K.N.I. Kabupaten Bondowoso; Wakil Ketua Badan Pekerdja Kabupaten Bondowoso dan D.P.D. Besuki. Oleh Kementerian Pertahanan dan Kementerian Dalam Negeri ia ditundjuk untuk duduk sebagai penasehat tehnis dari C.J.B (Central Joint Board). Dalam tahun 1949, ia diangkat sebagai Residen Banten jang kemudian diperbantukan pada Gubernur Militer di Djawa Timur. Setelah penjerahan Kedaulatan, ia diangkat selaku Sekretaris Djenderal Kementerian Agama R.I.S., kemudian Negara R.I.


SOERONO, Dr. M.

Dilahirkan di : Purworedjo pada tanggal 1 Djuni 1899.

Pendidikan : S.T.O.V.I.A. dan Universitet di Amsterdam tahun 1926.

Anggota partai : tidak berpartai.

Kedudukan sekarang : Sekretaris Djenderal Kementerian Kesehatan.

Pekerdjaan dan peng-

alaman jg. lampau : tamat dari sekolah, ia bekerdja pada Rumah Sakit Umum di Semarang. Antara tahun 1926 hingga 1928, mendjadi dokter di Berlin, Djerman. Kembalinja di Indonesia, ia bekerdja sebagai dokter dari Perkebunan Tandjung Pinang dan kemudian dalam tahun 1949, dipilih untuk memegang djabatan Menteri Kesehatan a.i. dalam Kabinet Presidentil Drs. Mohammad Hatta jang dibentuk pada tanggal 4 Agustus 1949. Setelah penjerahan kedaulatan, ia diangkat selaku Sekretaris Djenderal Kementerian Kesehatan R.I.S. untuk kemudian dengan lahirnja Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1950, tetap menduduki korsi Sekretaris Djenderal tsb. Pada bulan April 1932, ia berhasil mentjapai gelar doktor, karena dissertatienja: ,,Over de waarde intermitterende toediening van kleine hoeveelheden plasmochine van de malariabestrijding in het groot".


41