Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/48

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


PUTUHENA, Ir.Martinus

Dilahirkan di: Ihamahu, Saparua pada tanggal 27 Mei 1901.

Pendidikan: Technische-Hogeschool Bandung 1927.

Anggota partai. Kedudukan sekarang : Partai Katholik Indonesia (PARKINDO)

Kedudukan sekarang : Sekretaris Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum dan Tenaga.

Pekerjaan dan peng- alaman yang lampau : sebelum perang ia banyak bekerja dalam lapangan bangunan besar di Cirebon. Kemudian, waktu di Bali dan Lombok ia ditempatkan pada Seksi Insinyur hingga berkuasanya Jepang di Indonesia. Di zaman perjuangan Kemerdekaan Indonesia, ia pernah menjabat Menteri Pekerjaan Umum dalam Kabinet Parlementer ke-I-II dan ke-III Sultan Syahrir, Kabinet ke-II-III dan ke-IV Negara R.I. Selain dari itu ia pernah dipilih selaku Ketua Komisi Militer Territorial Indonesia Timur dan kemudian pada bulan April 1950, ditunjuk oleh Presiden N.I.T. sebagai Kabinetsformateur Pemerintah N.I.T. (Negara Indonesia Timur) dalam pembubarannya. Pergerakan : dalam gerakan Nasional, pernah menjadi anggota dari ,,Algemene Studie-club” di Bandung.


SOEPOMO, Mr. Iman

Dilahirkan di: Bogor pada tanggal 27 Juni 1909.

Pendidikan: Rechts-Hogeschool di Djakarta.

Anggota partai : Partai Buruh

Kedudukan sekarang : Sekretaris Djenderal Kementerian Perburuhan

Pekerjaan dan peng-

alaman jg. lampau: sejak bulan Agustus 1942 hingga Maret 1946, pertama bekerja selaku pegawai Kantor Pendaftaran tanah di Jakarta yang kemudian berturut-turut dan Purworejo sebagai pegawai Pengadilan Negeri di Jatinegara Pada bulan Juni 1946 ia menjadi auditeur Militair Divisi V dan selanjutnya diangkat sebagai pegawai kantor Gubernur Jawa Tengah di Magelang. Pada bulan November 1947, sebagai pegawai Kementerian Perburuhan di Yogyakarta, yang kemudian sejak tanggal 1 Mei 1954, diangkat sebagai Sekretaris Jenderal Kementerian Perburuhan, menggantikan Mr. Sumarno.


SUDJAHRI, Mr. Iman

Dilahirkan di: Ponorogo pada tanggal 11 Februari 1908.

Pendidikan: Rechts-Hogeschool di Djakarta.

Anggota partai: Partai Sosialis Indonesia (P.S.I.)

Kedudukan sekarang : Sekretaris Jenderal Kementerian Sosial.

Pekerjaan dan peng-

alaman yang lampau : sejak tahun 1984 - 1939, ia pernah menjabat selaku Wethouder Loco-burgemeester Kediri dan Adjun Referendaris Provinsi Jawa Tengah di Semarang. Di zaman Jepang selaku Kepala Bagian Kemasyarakatan, Kesehatan, Pengajaran, Perburuhan, Agama dan Sosial pada Kantor Semarang Syutyo. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ia memangku Jabatan Wali Kota dan kemudian Residen Semarang: Residen diperbantukan pada Gubernur Jawa Tengah di Magelang dan selaku Sekretaris Dewan Pertahanan Negara di Yogyakarta. Di kala agresi ke-II, ia memimpin Sekretariat dari Wakil Perdana Menteri Mr. Syafruddin Prawiranegara di Kotaraja.

Pergerakan : pernah menjabat Ketua Pengurus Perhimpunan ,,Pelajar: Indonesia” di Jakarta, dan selaku pemimpin Redaksi majalah P.P.P.I. dan ,,Indonesia Raya” di Jakarta.


40