Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/47

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


GUNUNG ISKANDAR, Ir. R.

Dilahirkan di : Modjoagung, Surabaja pada tgl. 10 Nopember 1899.

Pendidikan : Landbouw Hogeschool di Wageningen Negeri Belanda tahun 1927.

Anggota partai : ---.---

Kedudukan sekarang : Sekretaris Djenderal Kementerian Pertanian.

Pekerdjaan dan peng-

alaman jg. lampau : permulaan tahun 1928, ia bekerdja sebagai landbouwronsulent (ahli pertanian) jang seterusnja di-pindah²-kan ke Bogor, Lombok, Surakarta dan Lampong. Didjaman pendudukan Djepang mendjabat Kepala Djawatan Pertanian di Palembang. Achir tahun 1945 ia kembali ke Djawa dan mendjadi Kepala Kemakmuran Negeri Surakarta merangkap Superintendance Perusahaan Sri Sunan dan Negeri Surakarta. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ia diperbantukan pada Kementerian Kemakmuran di Magelang jang kemudian sebagai Koordinator Pertanian dan Kehewanan. Pada tahun 1948 ia diangkat selaku wakil Direktur Djenderal merangkap wakil Sekretaris Djenderal Kementerian Kemakmuran R.I. Selandjutnja sebagai Sekretaris Djenderal Kementerian Pertanian.


SUMARN0, Mr.

Dilahirkan di : Karangnongko, Surakarta pada tanggal 16 Djuli 1916.

Pendidikan : Rechts-Hogeschool di Djakarta tahun 1942.

Anggota partai : Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)

Kedudukan sekarang : Sekretaris Djenderal Kementerian Perekonomian.

Pekerdjaan dan peng-

alaman jg. lampau : sedjak tahun 1942 hingga tahun 1944, ia bekerdja pada Departemen Dalam Negeri dari Urusan Daerah. Didjaman Republik Indonesia, sedjak tahun 1945 - 1953, bekerdja dalam beberapa djabatan pada Kementerian Sosial : Kementerian Perburuhan dan kemudian Kementerian Sosial lagi. Terachir sebagai Sekretaris Djenderal Kementerian Perburuhan Kemudian, pada achir bulan April 1954 diangkat sebagai Sekretaris Djenderal Kementerian Perekonomian. Pergerakan : masa mudanja ia turut aktip dalam Organisasi Kepanduan L.N.P.O. : ,,Indonesia Muda” dan Perhimpunan ,,Peladjar Indonesia”.


SOETOTO, M. Ir.

Dilahirkan di : Wonogiri, Surakarta pada tanggal 23 Agustus 1900.

Pendidikan : Technische-Hogeschool Pandung.

Anggota partai : Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)

Kedudukan sekarang: Sekretaris Djenderal Kementerian Perhubungan.

Pekerdjaan dan peng- alaman jg. lampau : lulus dari sekolah ia bekerdia sebagai insinjur pada Djawatan Pekerdjaan Umum (B.O.W.) di Bandung, Palembang dan Djakarta. Dalam tahun 1935, bekerdja pada Djawatan Pengairan dan Lalu Lintas (V & W) di Bandung. Kemudian, pada laboratorium untuk penjelidikan alat dari Departemen Kemakmuran (F.Z). Setelah mengerdjakan bangunan Kroja di Purwokerto, ia diangkat sebagai insinjur penasehat pada Djawatan Pengairan di Banjumas dan Kedu. Seterusnja, bekerdja di Kantor Besar Djawatan Pengairan di Semarang (waterstaat) dan seksi Insinjur di Pekalongan hingga pendudukan Djepang. Terachir, diangkat sebagai Sekretaris Djenderal Kementerian Perhubungan. Pergerakan : ia aktip dalam perkumpulan ,,Trikoro Dharmo”, ,,Jong Java”: ,,Algemene Studieclub” dari Ir. Soekarno : P.B.I. dari Dr. Soetomo dan ,,Parindra”.


39