Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/146

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


TAN PO GOAN. Mr.

Dilahirkan di : Tjiandjur, Djawa-Barat pada tanggal 24 Oktober 1911.

Pendidikan : Rechts-Hogeschool di Djakarta.

Anggota partai : Partai Sosialis Indonesia (P.S.I.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

sedjak tahun 1939, ia bekerdja sebagai : Pengatjara di Makassar disamping bekerdja pada Kantor Accountant ,,New China”: pada Warta Harian ,,Sin Po” untuk kemudian sebagai pengatjara pula di Djakarta. Di-tengah perdjuangan Kemerdekaan Indonesia, ia pernah terpilih untuk menduduki korsi Menteri Negara dalam Kabinet Sutan Sjahrir ke III, Kabinet ke-IV Negara Kesatuan R.I. Dalam achir Djuni 1947 - 1943. djabatan jang dipegangnja antara lain : Pengatjara di Djakarta dan Tjirebon : Penasihat disamping selaku anggota dalam soal tata-negara disekitar perutusan Republik Indonesia pada Konperensi Medja Bundar (K.M.B.) di Negeri Belanda.

Lahirnja Negara R.I.S. untuk kemudian Negara Kesatuan, terachir selaku anggota D.P.R. R.I.

Pergerakan : sedjak tahun 1946 - 1949, pernah duduk selaku anggota Pim pinan ,,San Ming Hwee" di Djakarta dan sebagai Ketua dari Bagian Or ganisasi Pekerdja.


TAUCHID, Mohamad

Dilahirkan di : Krakal, Kebumen pada bulan Maret 1915.

Pendidikan : Taman Guru Taman Siswa tahun 1933.

Anggota partai : Barisan Tani Indonesia (B.T.I.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

setelah tamat sekolah, maka sedjak tahun 1933 hingga 1936, ia bekerdja selaku Guru Taman Siswa Sumpiuh, Banjumas. Kemudian, sedari tahun 1936 - 1945, pertama sebagai Sekretaris Redaktur Madjalah ..Keluarga” dan ,, Keluarga Putera” dan jang selandjutnja sebagai Guru Taman Dewasa Jogjakarta. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, duduk sebagai anggota K.N.I.P. di Jogjakarta dan dalam tahun 1947, selaku Sekertaris II Komisaris Negara Urusan Dalam Negeri di Sumatera. Lahirnja Negara R.I.S., terpilih selaku anggota D.P.R. R.I.S., sebagai wakil dari Republik Indonesia. Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P. R. R.I. -

Pergerakan : dalam tahun 1932 - 1948 ia mendjabat anggota Dewan Partai P.S.I. jang kemudian sebagai Ketua Bagian Penerangan B.T.I. di Jogja karta ; anggota Pengurus Pendidikan Nasional Indonesia.


TEDJASUKMANA, R. Iskandar

Dilahirkan di : Tjiandjur pada tanggal 22 Djuli 1915.

Pendidikan : A.M.S. bagian IB dan Kuliah pada R.H. di Djakarta tahun 1937.

Anggota partai : Partai Buruh

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

memulai pekerdjaannja diwaktu pendudukan Djepang dimana ia bekerdja pada Kementerian Kehakiman (Sihobu) di Bukittinggi. Sumatera Barat. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ia diangkat selaku Ketua Muda Pengadilan Negeri disamping mendjabat anggota K.N.I. Kemudian, dalam tahun 1947 - 1950, pertama diangkat sebagai Wakil Wali Kota Bukittinggi : anggota Badan Eksekutip Sumatera Barat: anggota K.N.I.P. untuk selandjutnja sebagai Ketua Kantor Pemilihan Pusat (K.P.P.) di Djakarta.

Lahirnja Negara R.I.S. untuk kemudian Negara Kesatuan kembali, disamping mendjadi anggota D.P. R. R.I. ia pernah dipilih untuk berturut menduduki korsi Menteri Perburuhan dalam Kabinet Sukiman Suwirjo dan Kabinet Wilopo, Kabinet ke-XII dan ke-XIII Negara R.I.

134