Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/144

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


SJIHAB, H. Abdurrachman

Dilahirkan di : Paku, Kuala Bali (Sumatera-Timur) pada tahun 1910.

Pendidikan : Madjelis Al Aam Medan dan Madjelis Al Aam di Mekah.

Anggota partai : Madjelis Sjuro Muslimin Indonesia (MASJUMI)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat. -

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

tahun 1927-1937, ber-turut mengadjar pada Madra sah Al Islam Petisah, Maktab Al Islamijah Tapanuli Medan dan pada Madrasah Al Djamiatul Washlijah ; pada bagian Zending Islam didaerah Tanah Batak Toba dan Karo dan sebagai Chatib di Mesdjid dan Pemantjar: R.R.I. di Medan. Disamping membantu Madjalah Raudhatul Mutaalimin (Taman Peladjar) dan Madjalah Medan Islam, ia banjak mengarang. Sedjak tanggal 24 Pebruari 1954 ia diangkat sebagai anggota D.P.R. R.I.

Pergerakan : dalam tahun 1930 - 1938, ber-turut sebagai : Ketua B.P. ,, Al Djamijatul Washlijah” Medan ; Ketua Komite ,,Pemberantas I’tiqad Ahmadijah Qadian” Medan : Anggota Pengurus Wartawan Muslimin -Indonesia ,,Warmusi” sebagai anggota pengurus pembangun Ichwanussafa Indonesia. Sedjak tahun 1939 - 1942 sebagai: Wakil Ketua Perserikatan Ulama Sumatera Timur (Pusti) ; Pembangun Komite Mempersatukan Per himpunan Indonesia dan Malaya di Mekkah dan Pengurus ,,Komite Indone sia” di Medan.

Waktu pendudukan Djepang sebagai: Ketua Harian ,,Pusat Pergerakan Islam” di Medan. Disamping itu pernah mendjadi Perutusan Muslimin Indonesia dalam resepsi Chas Sultan Ibnu Sa'ud dan Amirul Hadj Mashry di Mekkah serta Utusan P.B. Al Djamijatul Washlijah di Solo. Sedjak tahun 1945 - 1949, sebagai : anggota P.B. Perhimpunan Daerah Madjelis Islam Tinggi Sumatera di Bukittinggi; Anggota Pengurus Persatuan Perdjuangan Sumatera ; Ketua Muda Haiah Kibaril Ulama di Kotaradja dan Ketua ,,Komite Aksi Pemilihan Umum”. Dalam tahun 1950 - 1953, mendjadi ang gota Dewan Kurator Perguruan Tinggi Islam Indonesia Medan; Ketua Umum ,,Badan Sji'ar Islam” Propinsi Sumatera Utara dan anggota Pengurus ..Panitia Kongres Alim Ulama-Muballigh Islam Indonesia” di Medan.


SUWARTI, Njonja

Dilahirkan di : Ngawi, Madiun pada tanggal 1 Agustus 1919.

Pendidikan : ---

Anggota partai : Partai Kominis Indonesia (P.K.I.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan peng alaman jg. lampau :

didjaman perdjuangan Kemerdekaan Indonesia ia duduk selaku anggota Badan Pekerdja Komite Nasional Indonesia Pusat di Jogjakarta. Dengan lahirnja Negara R.I.S., diangkat selaku anggota D.P.R. R.I.S., wakil dari Republik Indonesia. Terwudjudnja Negara Ke satuan pada tanggal 17 Agustus 1950, sebagai anggota D.P.R. R.I.


TJOA SIE HWIE, Mr.

Dilahirkan di : Pasuruan, Djawa-Timur pada tanggal 6 Pebruari 1907.

Pendidikan : Universiteit Leiden tahun 1938.

Anggota partai : Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

setelah lulus dari sekolah, sedjak tahun 1938 hingga 1942, bekerdja dalam lapangan pengatjara di Surabaja. Kemudian, dalam tahun 1945 hingga 1947, mendjadi Hakim di Surabaja. Selandjutnja beker dja pada Pusat Beras Djawa Timur dan Tekstil Industri di Surabaja. Lahirnja Negara R.I.S., sebagai anggota D.P.R. R.I.S., wakil dari Djawa Timur. Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I.

132