Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/140

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


SUNARDI ADIWIRJONO

Dilahirkan di : Pati, Semarang (Djawa-Tengah) pada tanggal 11 Mei 1910.

Pendidikan : A.M.S. Bandung tahun 1932.

Anggota partai : Partai Kominis Indonesia (P.K.I.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

dalam tahun 1932 hingga 1940; bekerdja dalam lapisan pemberantasan buta huruf di Pati ; Guru Sekolah Partikelir di Rembang ; Pamong Taman Dewasa Semarang dan Pamong Taman Guru di Jogjakarta. Disamping itu, mulai tahun 1940 - 1942, sebagai wartawan diSemarang.

Waktu pendudukan Djepang, selama 3 tahun ia bergerak di-tengah masjarakat nelajan di Djuana. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sedjak tahun 1945-1949, sebagai Pamong-Taman Dewasa Kudus dan Guru S.M.A. di Pati.

Lahirnja Negara R.I.S. untuk kemudian Negara Kesatuan kembali, terachir sebagai anggota D.P.R.


SUNARIO, Mr.

Dilahirkan di : Madiun pada tanggal 28 Agustus 1902.

Pendidikan : Universiteit Leiden.

Anggota partai : Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : pada tahun 1928-1940 ia bekerdja pada Pengadilan Negeri di Ponorogo, kemudian sebagai Penasihat dan Procureur di Djakarta.

Setelah diangkat selaku Wethouder Dewan Kota Pradja Makassar, maka sedjak tahun 1941 ia aktip dalam kewartawanan selaku Kepala Redaksi Warta Harian ,,Sedya Tama” di Jogjakarta. Kemudian sebagai pegawai Dihoobu merangkap Sihoo Kanri Yooseidyo Sidookan di Djakarta. Pada awal bulan September 1953, ia mengepalai Delegasi Indonesia ke Sidang Umum P.B.B. di New York. Lahirnja Negara R.I.S. sebagai anggota D.P.R. R.I.S. dan terwudjudnja Negara Kesatuan sebagai anggota D.P.R.R.I. Kemudian ia di non-aktipkan karena pengangkatannja sebagai Menteri Luar Negeri dalam Kabinet Mr. Ali Sastroamidjojo.

Pergerakan : dalam tahun 1924-1928 ia duduk selaku penulis II ,,Perhimpunan Indonesia” di Negeri Belanda; Pemimpin Kepanduan I.N.P.O. di Bandung dan sebagai Ketua Pergabungan Pandu Indonesia (P.A.P.I.) di Djakarta. Pada tahun 1983-1936 selaku propagandis ,,Partindo” dan Pengurus Besarnja disamping sebagai Komisaris Daerah Timur Besar ,,Partindo” di Makassar. Selain dari pada itu, ia banjak menulis buku buku, diantaranja ,, Het Recht van Verenigingen en Vergaderingen der Indonesier”, ,, Parlementarisme" dan lain lagi.


SUNARJATI SUKEMI, Njonja

Dilahirkan di : Tuban pada tanggal 5 Mei 1907.

Pendidikan

Anggota partai : Partai Sosialis Indonesia (P.S.I.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

sedjak tahun 1926 hingga 1943, ber-turut bekerdja sebagai Guru Taman Siswa. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1947 ia bekerdja sebagai Pegawai Tinggi pada Kementerian Sosial di Djakarta. Pada tahun 1948, sebagai Pemimpin Administrasi Ma djalah ,Sikap”. Lahirnja Negara R.I.S., duduk sebagai anggota D.P.R. R.I.S. selaku wakil dari Republik Indonesia. Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I