Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/132

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


SINAGA, Philemon

Dilahirkan di : Sibaganding (Prapat),Sumatera-Timur pada tahun 1906. Pendidikan : O.S.V.I.A. Bukittinggi tahun 1927. Anggota partai : Fraksi Demokrat. Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat. Pekerdjaan dan peng- alaman jg. lampau : setelah lulus dari sekolah, ia terus diangkat sebagai klerk le kl. pada Landschapskas di Labuan Bilik. Pada tahun 1930, diangkat G.A.I.B. pendjabat Mantri Polisi di Medan, kemudian dalam tahun 1938-1942 sebagai Djaksa beridjazah di Pematang Siantar dan Kepala Polisi Kota Medan. Waktu pendudukan Djepang, ia diangkat sebagai Kepala Djaksa Medan. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sebagai Ketua Pengadilan Negeri di Pematang Siantar. Lahirnja Negara R.I.S. sebagai anggota D.P.R. R.I.S., wakil dari Sumatera Timur. Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I.


SIRADJUDDIN ABBAS, Hadji

Dilahirkan di : Bengkawas, Bukittinggi pada tanggal 20 Mei 1905. Pendidikan : Masdjidilharaam di Mekkah (Hedjaz) tahun 1930. Anggota partai : Pergerakan Tarbijah Islamijah Partai Islam (PERTI) Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat. Pekerdjaan dan peng- alaman jg. lampau : sedjak tahun 1980-1933 ia bekerdja selaku Sekretaris pada Consulaat Belanda di Mekkah. Sekembalinja di Indonesia, pada tahun 1933 - 1936 mengadjar pada Sekolah Menengah Islam Ma'ad Islami di Ladang Lawas Bukittinggi. Dalam tahun 1940-1942, sebagai anggota Minang kabauwraad di Padang dan diwaktu pendudukan Djepang, sebagai anggota Syuu Sangi Kai. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ia diangkat sebagai anggota Komite Nasional Sumatera Barat kemudian dalam tahun 1948-1950 sebagai: anggota D.P.R. Sumatera Tengah; anggota Dewan Pertahanan Daerah merangkap Penasihat (anggota Staf Gubernur Militer) Sumatera Tengah, dan anggota K.N.I.P. di Jogjakarta. Dengan lahirnja Negara R.I.S., sebagai anggota D.P.R. R.I.S. Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I.


SJAFE'I, Muhammad

Dilahirkan di : ---.--- Pendidikan : ---.--- Anggota partai : tidak berpartai. Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat. Pekerjaan dan peng- alaman jg. lampau : diwaktu pemerintahan Hindia Belanda alm., ia mentjurahkan tenaga dan pikirannja dalam lapangan perguruan, dimana ia mendirikan sekolah ,,Indonesisch-Nederlandse School di Kajutanam. Waktu pendudukan Djepang, ia tetap mendjadi pemimpin dan guru pada sekolah tsb. jang telah diganti namanja mendjadi ,,Indonesia-Nippon”. Disamping itu, ia mendjadi Ketua Shu Sangi Kai Sumatera Barat dan Ketua Tjuo Sangi In untuk seluruh Sumatera. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ia dipilih untuk menduduki korsi Menteri P.P. & K. dalam Kabinet Sjahrir ke-II, Kabinet ke-III Negara Kesatuan R.I. Dengan dibentuknja Dewan Pertimbangan Agung R.I., duduk selaku anggota dewan tsb. Lahirnja Negara R.I.S., duduk sebagai anggota D.P.R. R.I.S. Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I. Disamping dijabatannja sekarang, iapun mendjadi anggota Dewan Pemerintah Sumatera Tengah dan selaku Wakil Kementerian P.P. & K. ditempat tsb. Pergerakan : ia termasuk tenaga jang non-koperatief dan banjak mentjurahkan tenaganja untuk kebangunan Nasional.


120