Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/126

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


SUTARTO HADISUDIBYO, Rd. H.

Dilahirkan di : Soka-Kedungan, Surakarta pada tanggal 13 Maret 1914.

Pendidikan : H.I.K. dan H.A. (Kursus Hoofdakte) tahun 1936.

Anggota partai : Partai Katholik

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

sedjak tahun 1986 - 1942, ber-turut bekerdja sebagai Guru kemudian Kepala Sekolah Schakelschool H. Kruisstichting di Bandung dan sebagai Guru H.I.S. Gubernemen di Madjalengka, Tjirebon. Waktu pendudukan Djepang, ia tetap bekerdja sebagai Guru Sekolah Rakjat Madjalengka dan Guru S.M.P. di Tjirebon. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, dalam tahun 1945 - 1947, terus mengadjar pada S.M.P. Negeri di Tjirebon hingga terdjadinja agresi ke-I tentara Belanda. Selama berdiam didaerah pendudukan, ia mengundurkan diri sebagai Guru dan dalam bulan Djanuari 1948 - 1950, mulai aktip kembali memberikan peladjaran pada pemuda S.M.P. dan S.M.A. ditempat kediamannja, Kemudian, mendjadi Pamong (Guru ) ,,Taman Siswa” Bagian ,,Taman Dewasa” dan ,,Taman Madya” di Tjirebon.

Sedjak Pemerintah Sipil R.I. masuk kota Tjirebon (Djanuari 1950) ia diserahkan memimpin Djawatan Perguruan diseluruh Keresidenan. Dalam bulan Pebruari 1950 - Agustus 1950, diangkat sebagai Kepala S.M.P. diperbantukan pada Djawatan Inspeksi Pengadjaran Kementerian P.P. dan K. dengan tugas selaku Koordinator dan Wakil Kementerian P.P. danK. R.I.

Lahirnja Negara Kesatuan, terpilih sebagai anggota D.P. R. R.I.


SAAD, Mohamad

Dilahirkan di : Tandjung Pandan, Belitung pada tanggal 15 Nopember 1915.

Pendidikan : H.I.K. Bandung.

Anggota partai : Madjelis Sjuro Muslimin Indonesia (MASJUMI)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan peng alaman jg. lampau :

setelah tamat dari sekolah, ia terdjun dalam lapangan perguruan partikelir dan mendjadi Pemimpin Sekolah ,,Nurul Islam" di Tandjung Pandan. Waktu achir pendudukan Djepang sebagai anggota syu Sangi Kai Banka-Belitung. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ia mendjadi anggota Dewan Belitung dan anggota Pengurus Harian Dewan tsb. Terbentuknja Negara Bagian dan terdjadinja perundingan disekitar diwudjudkannja Negara Republik Indonesia Serikat, pernah duduk selaku anggota muktamar Bandung dan B. F.O. Lahirnja Negara R.I.S.. diangkat sebagai anggota Senat R.I.S., utusan dari Daerah Belitung. Terwudjudnja Negara Kesatuan, sebagai anggota D.P. R. R.I.

Pergerakan : pernah mendjadi anggota Serikat Buruh ,, Perkabi” dan anggota Pemuda Indonesia Maluku (P.I.M.) di IBelitung.


SABILAL RASJAD DATUK BENDAHARO

Dilahirkan di : Manindjau, Sumatera-Barat pada tanggal 9 Agustus 1908.

Pendidikan : Thawalib-school Padangpandjang dan Islamie College Padang beberapa tahun.

Anggota partai : Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat. Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

didjaman pemerintahan Hindia Belanda alm. hingga mendjelang berachirnja pendudukan Djepang di Indonesia, ia bekerdja partikelir. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pada tanggal 19 Nopember 1945, ia diangkat sebagai anggota K.N.I.P. djabatan mana dipegangnja setelah ia kembali dari Australia. Dengan lahirnja Negara R.I.S., diangkat sebagai anggota D.P. R. R.I.S. dan dengan terwudjudnja Negara Kesatuan, sebagai anggota D.P. R. R.I.

Pergerakan: dalam tahun 1925 - 1927, turut dalam aksi P.K.I. di Sumatera Barat dan kemudian antara tahun 1929-1933, pertama masuk P.S.I.I. untuk selandjutnja ditangkap oleh Pemerintah Hindia Belanda alm. dan dibuang ke Digul, achirnja ke Australia.

Ia merupakan tenaga penegak Komite Nasional Indonesia Merdeka di Melbourne. Sekembalinja di Indonesia pada bulan Nopember 1945, ber-sama dengan Sartono, Suwirjo dll., mendirikan Sarikat Rakjat Indonesia jang kemudian mendjelma mendjadi P.N.I.