Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/115

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


NOOR. Ir. Pangeran Mohamad

Dilahirkan di : Martapura, Kalimantan-Selatan pada tanggal 24 Djuli 1901.

Pendidikan : Technische-Hogeschool Bandung tahun 1927.

Anggota partai : Madjelis Sjuro Muslimin Indonesia (MASJUMI)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan peng-

alaman jg. lampau : setelah lulus T.H.S., sedjak tahun 1927 - 1939, ia bekerdja sebagai insinjur pada Kantor Besar Pengairan afdeling ,,Pemali Tjomal” Tegal dan pada kantor Seksi ,,Tangerangswerken” di Djakarta dan Departement Verkeer & Waterstaat (Lalu-lintas dan pengairan) di Bandung. Kemudian pada Kantor Seksi Pengairan ,,Pekalan-Sampean” di Lumadjang serta dibeberapa tempat lainnja seperti di Malang, Bandjarmasin, Banjuwangi dan Bondowoso. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1946 ia diangkat selaku Gubernur Kalimantan Pemerintah R.I. dan selaku anggota Dewan Pertimbangan Agung. Pada tahun 1947, sebagai Direktur Madjalah Mingguan ,,Mimbar Indonesia” dan sebagai Ketua Jajasan ,,Dharma” di Djakarta. Lahirnja Negara R.I.S. kemudian Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1950, terachir sebagai anggota D.P.R. R.I. Sedjak tahun 1931 - 1936, pernah mendjadi anggota Volsraad (Dewan Rakjat) dan terachir sebagai anggota College van Gedelegeerden Dewan tsb. di Djakarta.


NOEH. Mohamad

Dilahirkan di : Merapi, Lahat (Palembang) pada tanggal 19 Agustus 1916.

Pendidikan : ---.---

Anggota partai : Partai Sosialis Indonesia (P.S.I.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan peng-

alaman jg. lampau : sedjak tahun 1935 hingga 1943, ia bekerdja selaku Pasirah (Kepala Adat) jang kemudian waktu pendudukan Djepang sebagai Tentara Pembela Tanah Air. Sedjak tahun 1945 - 1948, terdjun dalam angkatan bersendjata R.I. sebagai anggota T.R.I. Pada tahun 1949 ia mengundurkan diri dari T.R.I. dan bekerdja partikelir. Lahirnja Negara R.I.S. sebagai anggota D.P.R. R.I.S. Terwudjudnja Negara Kesatuan, sebagai anggota D.P.R. R.I.


NUH. Mohamad

Dilahirkan di : Tebing Tinggi, Sumatera-Timur pada tanggal 20 Oktober 1901.

Pendidikan : ---.---

Anggota partai : Persatuan Indonesia Raya (P.I.R.)

Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan peng-

alaman jg. lampau : sedjak tahun 1919 hingga 1922, bekerdja sebagai Guru Sekolah Rakjat Tebing Tinggi jang kemudian didalam tahun 1922 - 1934, sebagai Kepala Sekolah Rakjat dan Pemimpin Kursus Guru Desa di Tebing Tinggi. Pada tahun 1935, selaku Kepala Sekolah Gemeente no. 1. di Medan dan terachir sebagai Pemimpin Perguruan ,,Ivoorno” (sekarang : ,,Kesatria”) di Medan. Lahirnja Negara R.I.S. diangkat sebagai anggota D.P.R. R.I.S., wakil dari Sumatera Timur. Terwudjudnja Negara Kesatuan kembali, sebagai anggota D.P.R. R.I.


105