Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/109

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


MANUABA, Ida Bagus Putra.png


MANUABA, Ida Bagus Putra

Dilahirkan di: Tabanan, Bali pada tabun 190 .

Pendidikan: Hogere-Kweekachool tahun 1931.

Anggota partai: Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)

Kedudukan sekarang: Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau:

setelah tamat sekolah, ia dipekerdjakan sebagai Guru H.I.S. di Bali. Kemudian, sedjak tahun 1942 - 1943, sebagai Pemimpin Perkumpulan Pertanian Bali. Pada tahun 1943 - 1946, dipindahkan ke Kantor Perguruan selaku Pemimpin Pendidikan Masjarakat dan selandjutnja mendjadi penasihat Pemerintah (Sanyo). Waktu Djepang menjerah, oleh Bung Karno, ia diangkat mendjadi Ketua Komite Nasional Sunda Ketjil dan antara bulan Desember 1946 - Djanuari 1946, ditahan oleh Djepang.

Sedjak tahun 1946 - 1949: setelah ditawan oleh NICA, dlbebaskan kembali dan selandjutnja dipilih sebagai anggota Parlemen N.I.T. Disamping itu, ia mendirikan Perguruan Rakjat Partikelir, Sekolah Landjutan Umum berpusat di Denpasar. Lahirnja Negara R.I.S. duduk sebagai anggota D.P.R. R.I.S. selaku wakil dari N.I.T. Terwudjudnja Negara Kesatuan, agai anggota D.P.R. R.I.

Pergerakan: sebelum perang dunia ke-II, ia masuk/memimpin Crediet Bank-Koperasi dan Partai Indonesia Raya (Parindra).


MARGONO DJOJOHADIKUSUMO, R. M.png

MARGONO DJOJOHADIKUSUMO, R. M.

Dilahirkan di: Probolinggo pada tanggal 16 Mei 1894.

Pendidikan: O.S.V.I.A. dan kursus Adjun Inspektur Volkseredietwezen di Djakarta tahun 1921.

Anggota partai: ------

Kedudukan sekarang: Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau:

setelah lulus 0.S.V.T.A. tahun 1911, ia dipekerdjakan sebagai Djurutulis Asisten Wedana di Bandjarnegara, kemudian pada jaksa TjiJatjap. Pada tahun 1913 - 1927, ebagai ambtenaar Volkseredietwezen di Purworedjo dan Madiun; Adjun kl. I di Malang jang kemudian sedjak tahun 1930 - 1932, sebagai Adjun Inspektur dan Inspektur Centrale Kas.

Dalam tahun 1937 - 1939; setelah diangkat sebagai Inspektur Kl. I diperbantukan pada adviseur Volkseredietwezen dan Cooperatie Djakarta, ia dikirim kenegeri Belanda dan bekerdja pada Menteri pendjadjahan Belanda selarna I.k. 1 tahun.

Pada tahun 1939 kembali ke Indonesia dan diangkat sebagai Inspektur dari Cooperatie Djakarta.

Dalam tahun 1942, sebugai Direktur Bank Rakjat. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sebagai Anggota Dewan Pertimbangan Agung R.I. Pada tahun 1946, diangkat sebagai Direktur Bank Negara R.I. Lahirnja Negara Kesatuan, disamping djabatannja selaku Presiden Direktur Bank Negara R.T., duduk pula sebagai anggota D.P.R. R.I.

Pergerakan: pada tahun 1936 sebagai Ketua Gabung n Pusat Koperasi Indonesia Djakarta. Pernah mendjadi anggota Partai P.I.R. tapi pada bulan Maret 1951 berhenti sebagai anggota.


MARUTO NITIMIHARDJO.png

MARUTO NITIMIHARDJO

Dilahirkan di: Tjirebon pada tanggal 26 Desember 1906.

Pendidikan: ------

Anggota partai: Partai Murba.

Kedudukan sekarang: Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau:

setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia. semendjak bulan Djanuari 1946 ia membantu Kantor Berita ,,Antara" di Jogjakarta dan kemudian pada bulan Pebruari 1947, sebagai anggota Pemimpin Kantor Berita tsb. Sedjak bulun April 1947 - 1950. sebagai anggota Badan Pekerdja K.N.I.P., pertama sebagai wakil dari sebgai wakil dari Partai Rakjat, kemudian sebagai wakil dari Partai Murba.

Dengan lahirnja Negara R.I., duduk sebagai anggota D.P.R. R.I. wakil dari Republik Indonesia. Terwudjudnja Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1950, sebagai anggota D.P.R. R.I.

101