Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/105

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


LATUHARHARY, Mr. J.
Dilahirkan di : Saparua pada tanggal 6 Djuli 1900.
Pendidikan : Fakultet Bag. Hukum Universiteit Leiden.
Anggota partai : Persatuan Indonesia Raya (P.I.R.)
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : diantara tahun 1928 - 1942, pernah bekerdja pada A.T.B. Dewan Djustisi Surabaja ; Ketua Pengadilan Negeri di Kraksaan ; pengatjara di Malang. Disamping itu ia duduk pula sebagai anggota Dewan Propinsi Jawa Timur.
Dengan berkuasanja Djepang di Indonesia ia bekerdja sebagai pegawai untuk Urusan Dalam Negeri dari Pemerintah Djepang di Indonesia. Kemudian, setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia ia diangkat sebagai Gubernur Maluku Pemerintah R.I. Sedjak tahun 1947 - 1950 duduk sebagai anggota Delegasi Republik Indonesia ; Pegawai Tinggi, dan Gubernur diperbantukan pada Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.
Dalam Negara R.I.S. sebagai anggota D.P.R. R.I.S. selaku Wakil Republik Indonesia. Dalam Negara Kesatuan sebagai anggota D.P.R. R.I. jang kemudian dinon-aktipkan karena pengangkatannja sebagai Gubernur Kepala Daerah Propinsi Maluku.



LOBO, I. R.
Dilahirkan di : Savu, Timor pada tanggal 13 Agustus 1906.
Pendidikan : -
Anggota partai : Persatuan Progresip
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : sebelum petjah perang pasifik, ia bekerdja sebagai pegawai Douane. Selama pendudukan Djepang, sebagai Wakil Kepala Daerah III (Djawa Tengah) Djawatan Tjukai. Sedjak proklamasi Kemerdekaan Indonesia hingga bulan Pebruari 1947, ia mendjadi Pegawai Tinggi Djawatan Bea dan Tjukai (douanne) R.I.
Pada bulan Maret 1947, ia mendjadi anggota Badan Pekerdja K.N.P. jang kemudian dengan lahirnja Negera R.I.S., sebagai anggota D.P.R. R.I.S., wakil Republik Indonesia.
Pergerakan : dalam lapangan organisasi ia masuk Gerakan Rakjat Sunda Ketjil.



LAOH, Frits
Dilahirkan di : Minahasa, Sulawesi pada tanggal 25 Desember 1888.
Pendidikan : Westers Lager Onderwijs di Menado dan Middelbare Handels Onderwijs di Djakarta.
Anggota partai : Partai Nasional Indonesia (P.N.I.)
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : dari tahun 1906 hingga 1908, bekerdja selaku employe Maskapai Pelajaran Djerman (Deutsch-Australische Dampschiffs-Geselschaft A.G.) di Djakarta. Kemudian dalam tahun 1908 - 1935, sebagai pegawai Kantor Pusat K.P.M. dengan Hoofdemploye.
Disamping itu, sedjak tahun 1925 hingga 1935, sebagai anggota Commissie voor de Keuring van Films (Film Sensor seluruh Indonesia).
Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, jaitu sedjak tahun 1946-1950, ia mendjadi anggota Dewan Pertimbangan Agung dan selandjutnja mendjadi anggota Direktur Firma „Indonesia Motors Company”, Dealers dari „General Motors Overseas Corp” di Tandjung Priok dan selandjutnja selaku Presiden Direktur N.V. RIS „Trading Company”, Importeurs & Exporteurs Kantor Pusat di Djakarta. Dengan proklamasi Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1950, sebagai anggota D.P.R. R.I.
Pergerakan : sedjak tahun 1918 hingga 1932, ia duduk sebagai anggota Volksraad, utusan Kieskring X, pulau Sulawesi.

97