Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/104

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


LANGKAI, Jacob
Dilahirkan di : Minahasa, Sulawesi pada tanggal 26 Maret 1902.
Pendidikan : H.I.S. Sraagen dan Gombong.
Anggota partai : Partai Rakjat Nasional (P.R.N.)
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : sedjak tahun 1924 hingga 1929, ia mendjadi Guru Christelijke H.I.S. di Sragen dan Gombong jang kemudian pada tahun 1930 hingga 1936 sebagai Guru Sekolah Partikelir di Minahasa disamping mendjadi Guru Sekolah Menengah. Kemudian, ia diangkat sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakjat Djawa Timur. Lahirnja Negara R.I.S., ditundjuk sebagai anggota D.P.R. R.I.S. selaku dari Djawa Timur.
Terwudjudnja Negara Kesatuan pada tanggal 17 Agustus 1950, duduk sebagai anggota D.P.R. R.I.
Pergerakan : waktu proklamasi Kemerdekaan Indonesia ia mendjadi anggota K.R.I.S. (Kebaktian Rakjat Indonesia Sulawesi).



LATJUBA, Machmud L.
Dilahirkan di : Una-Una, Sulawesi Tengah pada 2 Mei 1909.
Pendidikan : Punjab-University Pakistan dengan gelar Bachelor of Arts.
Anggota partai : Madjelis Sjuro Muslimin Indonesia (MASJUMI)
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : sebelum perang pasifik petjah ia bekerdja partikelir. Didjaman pendudukan Djepang sebagai Pegawai Tinggi pada pemerintah Djepang di Jogjakarta. Sedjak tahun 1945 - 1952 duduk sebagai anggota Badan Pekerdja K.N.I. Pusat sebagai Wakil Partai Islam Masjumi ; Wakil Ketua B.P. K.N.I. Pusat ; Wakil Ketua Fraksi Masjumi dalam D.P.R. R.I.
Pegawai Tinggi dari Kementerian Dalam Negeri di Jogja. Kemudian dipindahkan pada Kementerian Kemakmuran dan diperbantukan pada Badan Industri Negara sebagai Kuasa Usaha Sementara pada Kedutaan Besar R.I. di Karachi, Pakistan dengan gelar pribadi Duta Luar Biasa dan Menteri B.P. Kemudian pada bulan Mei 1953, ia diangkat sebagai Duta Luar Biasa dan Menteri Berkuasa Penuh pada Kedutaan R.I. di Teheran (Iran) dan Bagdad (Irak). Karena pengangkatannja sebagai Duta Besar R.I. untuk Iran, ia non-aktipkan sebagai anggota D.P.R. R.I.



LUKMAN WIRIADINATA, Mr.
Dilahirkan di : Garut pada tanggal 22 Agustus 1910.
Pendidikan : -
Anggota partai : Partai Sosialis Indonesia (P.S.I.)
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.
Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau : sedjak bulan September 1940 hingga 1942, pertama ia bekerdja sebagai Ambtenaar diperbantukan pada Pengadilan Negeri di Djakarta jang kemudian sebagai Hakim Pengadilan Negeri di Djakarta. Setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia. jaitu pada tahun 1946, ia merangkap djabatan Hakim Pengadilan Negeri di Djatinegara untuk selandjutnja diangkat Wakil hakim Pengadilan Tinggi di Djakarta. Pada tahun 1948, ia membuka praktek Pengatjara (advocaat) dan Procureur di Djakarta. Lahirnja Negara R.I.S., sebagai anggota D.P.R. R.I.S., wakil dari Republik Indonesia. Terwudjudnja Negara Kesatuan, pada bulan April 1952, ia terpilih untuk menduduki korsi Menteri Kehakiman dalam Kabinet Mr. Wilopo. Kabinet ke-XIII Negara R.I. Disamping itu, iapun mendjadi anggota D.P.R. R.I.

96