Halaman:Kami Perkenalkan (1954).pdf/103

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca


KASMAN SINGODIMEDJO, Mr. R.
Dilahirkan di : Purworedjo pada tanggal 25 Pebruari 1908.
Pendidikan : Rechts-Hogeschool Doctoraal ex. Sociologisch Economisch-Richting tahun 1939.
Anggota partai : Madjelis Sjuro Muslimin Indonesia (MASJUMI)
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

sedari tahun 1933 - 1940 : mengadjar di Mulo Kesatrian, Mulo Pendidikan Islam, M.U.L.O. H.I.K., A.M.S. Muhammadijah dan pada Mualimin-Mualimaat Muhammadijah. Pada tahun 1941 - 1945, antara lain mendjabat : Kepala Afdeling Landbouw-voorlichting en Binnenvisserij r.d. Dienst v.d. Landbouw di Djakarta dan kemudian diangkat sebagai Landbouwconsulent ; diperhatikan oleh Gunseikan sebagai Yontoo Gizytoo dan masuk Tentara Pembela Tanah Air selaku Daidantyo. Dengan proklamasi Kemerdekaan Indonesia, sebagai anggota Persiapan Kemerdekaan Indonesia. Sedjak tahun 1945 - 1948, ia memegang peranan penting dalam angkatan bersendjata R.I., antaranja sebagai Ketua B.K.R. Pusat : Ketua Komite Nasional Pusat di Djakarta, Djaksa Agung R.I. Djenderal Majoor : Kepala Bagian Kehakiman Tentara pada Kementerian Pertahanan ; Menteri Kehakiman (menggantikan Mr. Suwandi) dalam Kabinet St. Sjahrir, Kabinet ke-II Negara Kesatuan : Lector Universiteit Islam Indonesia di Jogjakarta dan kemudian selaku Djuru Bitjara Pemerintah Darurat R.I. di Djawa. Sedari tahun 1949 - 1950 sebagai : Penasihat Delegasi R.I. ke K.M.B. : anggota B.P.K.N.I.P. dan memangku djabatan wakil Dewan Fakultet Hukum dari Universiteit Islam di Jogjakarta.

Lahirnja Negara Kesatuan, sebagai anggota D.P.R. R.I.

Pergerakan: sedjak tahun 1923 - 1935 sebagai Troepscommandant dari „Blauwe Troep N.I.P.V.” ; pengurus „Jong Java” dan Ketua Umum Pengurus Besar „Nationaal Indonesische Padvinderij” dari „Jong Islamieten Bond”. Pada tahun 1939 - 1941, sebagai Ketua Muhammadijah Wilajah Djakarta : anggota Djumaastussolah dan anggota dari Bouweredietcooperatie „Setia Usaha” dan Persatuan Warung Bangsa Indonesia (Perwabi) di Djakarta.



KOBARSJIH
Dilahirkan di : Jogjakarta pada tanggal 27 September 1911.
Pendidikan : -
Anggota partai : Partai Murba
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

diwaktu pemerintahan Hindia Belanda alm. maupun diwaktu pendudukan Djepang ia tidak pernah bekerdja dengan pemerintah2 tersebut. Baru, setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, ia bekerdja pada Pusat Djawatan Listrik dan Gas di Jogjakarta. Dengan lahirnja Negara R.I.S., diangkat sebagai anggota D.P.R. R.I.S. Terwudjudnja Negara Kesatuan, sebagai anggota D.P.R. R.I.



KRISSUBANU
Dilahirkan di : Modjokerto pada tanggal 17 Desember 1916.
Pendidikan : -
Anggota partai : Persatuan Progresif.
Kedudukan sekarang : Anggota Dewan Perwakilan Rakjat.

Pekerdjaan dan pengalaman jg. lampau :

setelah tamat dari sekolah, ia mendjadi guru. Tapi kemudian, terhadap dirinja dikenakan onderwijx-verbod. Ia terpaksa bekerpartikelir. Kemudian, setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, pada tahun 1946 ia diangkat sebagai anggota Komite Nasional Indonesia Pusat (K.N.I.P.) di Jogjakarta. Pada bulan Maret 1947, dipilih mendjadi anggota Bada Pekerdja K.N.I.P. di Jogjakarta.

Dengan lahirnja Negara R.I.S., kemudian Negara Kesatuan pada tanggall 17 Agustus 1950, terachir sebagai anggota D.P.R. R.I.

95