Halaman:Kabesarannja Khong Hoe Tjoe.pdf/56

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi

-46-

aanja tida memberi hatsil, atawa merasa ia telah lakoeken kawadjibannja, lantes sadja ia lepasken itoe djabatan dan hidoep sabagi orang preman aken landjoetken pakerdja'annja boeat mentjari pengataoan sambil mengadjar moerid-moerid. Saban kalih letakken djabatan ia tida mambawa kakaja'an hanja dapet sadja nama jang bertambah besar dan haroem. Sedeng begtoe lebih dari satoe kalih ia telah tampik koernia dari radja-radja jang hendak memberi tanah-tanah atawa kota-kota padanja.

„Dalem hal perbaeki istiadat rahajat, Khong Tjoe telah madjoe banjak sekalih hingga namanja tinggal terdjoengdjoeng sampe di ini masa. Inilah sebabnja maka boekan sadja radja-radja dan poedjonggo-poedjonggo ada menghormati Khong Tjoe lebih dari hormati nama manoesia, hanja sekalian rahajat jang moelja atawa hina soeka toelis iapoenja oedjar-oedjar aken ditaro dalem roemah, dalem kapal dan sabaginja, malah dioekir djoega di mana perabot atawa pekakas soepaja bisa kaliatan sahari-hari : laen dari begitoe, segala goerde-goeroe dan orang-orang bangsawan besar di Tiongkok kapan liwat di depan klentengnja ada diwadjibken aken toeroen dari kretanja, bongkokin badan sendiri dan berdjalan kaki berapa lèngkah aken tanda menghormat pada Khong Tjoe, jang digelar Goeroe Besar, Radja Poedjonggo.

Khong Tjoe poenja oedjar-oedjar jang senantiasa ada amat beres dan terang, nanti bikin kita bisa dapet mandoesin dari katoeloesan hatinja maski tjóemah sakedar menginget sadja pada iapoenja adjaran jang demikian boenjinja : „Berlakoelah senantiasa aken mendjaga tjelahan orang dan djalanken pri jang sopan seperti djoega djikaloé kaoe sedeng berada di hadepan orang banjak jang mengintjer dengan mata atawa menoendjoek dengen tangan pada dirimoe. Djagalah, soepaja kaoe tida berboeat pada orang sa'atasanmoe apa jang kaoe sendiri tjelah di antara orang-orang sabawahanmoe. Haramkanlah segala perboeatan jang