Halaman:Kabesarannja Khong Hoe Tjoe.pdf/53

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi

APA JANG ALMARHOEM LIE KIM HOK

TOELIS DALEM IAPOENJA „HIKAJAT

KHONG HOE TJOE."

Dalem almarhoem Lie Kim Hok poenja Hikajat Khong Hoe Tjoe, di bagiaa permoela'an kata," ada ditoetoerken pikiran dari beberapa Sinoloog Barat jang memberi poedjian dan pengharga'an tinggi pada Khong Tjoe dan peladjarannja. Tjoemah sajang sekalih, salaennja dari De Lanessan, tida ada diseboet nama-nama dari itoe orang-orang Europa, siapa poenja oetjapan oleh Toean Lie Kim Hok telah dikamoekaken. Kita tida taoe apa sebabnja itoe nama-nama telah dioempetken, dan inilah kita anggep ada kakliroean besar, kerna membikin gampang sekalih orang menoedoeh jang itoe samoea ada dari bisanja Toean Lie Kim Hok sendiri aken tondjolken apa jang tida ada atawa sengadja lebihin dan tambah-tambahin boeat sedikit poedjian jang diberiken oleh beberapa Sinoloog sampe berobah djadi begitoe moeloek.

Maski begitoe, lantaran menimbang apa jang ditoetoerken disitoe ada sampe berharga, maka maskipoen tida diseboet namanja itoe orang-orang Europa, kita merasa ada baek kapan dikoetip dalem ini halaman soepaja tida mendjadi linjap dan terloepa. Lantaran edja'an jang dipake oleh Toean Lie Kim Hok di taon 1897 ada berbeda dari sekarang, maka kita tida koetip sàbagimana adanja, hanja ambil over sadja sarinja dan kita atoer lagi satjara merdika.

Di bawah ini ada ringkesan dari apa jang Toean almarhoem Lie Kim Hok telah toelis :

Maskipoen Europa ada bagian boemi jang paling ketjil dari lima banoea, bangsa koelit poetih ada di­ pandang lebih madjoe dari samoea bangsa di ini doenia. Sagala apa jang diampoenjai oleh bangsa laen djikaloe tida tjotjok dengen pendapetan bangsa Europa seringkalih ditjelah. Aken tetapi orang nanti merasa heran kapan mendenger pandapetan jang dioetaraken

43