Halaman:Indonesia-AH-ekspose.pdf/1

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini belum diuji baca
Workshop Regional Peningkatan
Rute prioritas Jalan Asia


JARINGAN JALAN ASIA DI INDONESIA




Bangkok, Thailand 19-21 Juni 2007


Rute Asian Highway (AH)


Berdasarkan Persetujuan antar Negara tentang Jaringan Jalan Asia yang ditandatangani di Bangkok pada tanggal 18 November 2003, rute Asian Highway di Indonesia terdiri dua rute yakni AH-2 dan AH-25:

1. Asian Highway Route Nomor 2 (AH2) diletakkan di bagian utara Pulau Jawa dan Bagian Barat Pulau Bali. Sebagai koridor utama untuk bepergian mengelilingi pulau Jawa dan Bali, menghubungkan semua kota utama. AH2, 1.277 km panjang jalan nontoll, 402 km panjang jalan tol dan 4,5 mil rute feri yang menghubungkan Jawa dan Bali melalui pulau Ketapang di sisi barat dan Gilimanuk di sebaliknya. Diharapkan bahwa bentuk wisatawan Singapura, untuk mencapai Indonesia (Jakarta) bisa menggunakan feri.
2. Asian Highway Route Nomor 25 (AH25), sebelah timur terhubung dari Pulau Sumatera mulai dari Banda Aceh ke selatan dan menghubungkan pulau Jawa di Pelabuhan Merak. Rute menghubungkan semua kota-kota utama di pantai timur Sumatera panjang 2,723 km melalui jalan non-toll, panjang 34 km jalan tol di Medan dan 14 mil dari rute feri antara Bakauheni dan Pelabuhan Merak.