Halaman:Himpunan Peraturan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (1984).pdf/50

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


BAB IV.
TENTANG RAPAT-RAPAT TERBUKA

§ 1. Tentang permulaan rapat-rapat.

Pasal 50.

(1) Ketua memanggil Senat berkumpul setiap kali dipandang perlu olehnya, ataupun jikalau Pemerintah atau sekurang-kurangnya lima orang anggota Senat, menghendaki hal itu, dengan mengajukan sebab-sebabnya.

(2) Waktu berkumpul adalah pukul 09.00 pagi kecuali jika Ketua menimbang bermanfaat untuk menetapkan pertemuan itu lebih pagi atau lebih siang, ataupun jikalau Senat memutuskan secara lain.

(3) Untuk meneruskan suatu rapat atau mengadakan rapat sesudah pukul 14.00 diperlukan keputusan Senat.

Pasal 51.

(1) Tiap kali menghadiri rapat, setiap anggota menanda-tangani daftar-hadir menurut urutannya.

(2) Apabila daftar-hadir, sesudah waktu berkumpul yang dimaksudkan dalam pasal di atas, telah ditanda-tangani oleh lebih dari setengah jumlah anggota yang turut dalam sidang, maka Ketua membuka rapat.

(3) Daftar-hadir yang dimaksudkan dalam ayat pertama diletakkan di atas meja Sekretaris supaya ditanda-tangani oleh anggota-anggota yang datang kemudian.

Pasal 52.

(1) Jikalau setengah jam sesudah waktu yang ditetapkan untuk pembukaan rapat jumlah anggota yang diperlukan belum juga hadir maka Ketua membuka pertemuan dan mempersilahkan membaca nama anggota-anggota yang hadir. Ia dapat mengumumkan surat-surat masuk.

(2) Kemudian rapat diundurkan oleh Ketua sampai saat' yang akan ditentukan lagi.

Pasal 53.

Sesudah pembukaan rapat, Ketua mengumumkan surat-surat yang masuk memajukan kepada Senat, keputusan-keputusan yang berdasar-

46