Halaman:Himpunan Peraturan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (1984).pdf/41

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


dengan jalan memberikan wama hitam dalam segi empat sebagaimana dimaksud dalam pasal di atas, di muka nama calon yang disukainya.

(2) Daftar pemungutan-suara, di mana terdapat lebih dari satu segi empat yang diberi warna hitam tidak sah; demikian pula daftar pemungutan-suara yang ditanda-tangani tidak sah.

(3} Suara yang diberikan kepada orang yang namanya tidak terdapat pada daftar calon, dinyatakan tidak sah.

(4) Apabila ada hal yang diragukan maka rapat memutuskan, apabila suara-suara sama berat, maka Ketua memutuskan,

(5) Untuk menetapkan jumlah suara yang diberikan dengan sah, sebagaimana dimaksud dalam pasal-pasal 18 dan 19, maka surat pemungutan-suara yang tidak diisi, demikian pula yang dinyatakan tidak sah, tidak dimasukkan jurnlah suara yang diberikan dengan sah,

Pasal 17.

(1) Setiap kali diadakan pemungutan suara, maka Ketua Sementara menunjuk dua orang anggota sebagai pemungut suara.

(2) Sesudah Ketua Sementara mengumumkan jumlah anggota rapat yang telah menanda-tangani daftar-hadir maka berturut-turut surat-surat pemungutan-suara dibaca olehnya.

Kedua pemungut suara menyatakan suara-suara itu.

Pasal 18.

(1) Calon yang mendapat suara terbanyak yang mutlak, dinyatakan telah terpilih untuk dianjurkan kepada Presiden bagi jabatan Ketua.

(2) Apabila dua orang calon masing-masing mendapat sekurang-kurangnya 40% dari jumlah suara yang sah, maka kedua calon itu dinyatakan telah terpilih.

(3) Apabila tidak ada calon yang mendapat suara terbanyak yang mutlak dari jumlah suara yang sah dan pula tidak ada dua orang calon yang masing-masing mendapat sekurang-kurangnya 40% dari jumlah suara yang sah, maka dengan segera diadakan lagi pemungutan suara antara semua calon; dalam hal ini maka ayat pertama dan kedua dari pasal ini sama berlaku.

(4) Apabila sesudah pemungutan suara kedua ini belum juga ada calon yang mendapat suara terbanyak yang mutlak dari jumlah suara yang sah, dan pula tidak ada dua orang calon yang masing-masing mendapat suara sah 40%, diadakan lagi pemungutan suara kedua kali,

37