Halaman:Himpunan Peraturan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (1984).pdf/392

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


Pasal 103.

Terhadap penyelesaian Peraturan Pemerintah sebagai Pengganti Undang-undang selanjutnya berlaku ketentuan-ketentuan dalam pasal-pasal 90 sampai dengan 98 Peraturan Tata-tertib ini.

BAB XI.

PENETAPAN ANGGARAN PENDAPATAN

DAN BELANJA NEGARA

Pasal 104.

Agar Dewan Perwakilan Rakyat dapat melaksanakan haknya penetapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebagaimana tercantum dalam pasal 23 ayat (1) Undang-undang Dasar 1945, maka setiap tahun Presiden mengajukan Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada Dewan Perwakilan Rakyat pada minggu pertama dari permulaan tahun takwin.

Pasal 105

Pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat menyerahkan Xota Keuangan Nata Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada Komisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dan Komisi tersebut memberikan pendapatnya.

Pasal 106

(1) Penyelesaian atas Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara, digunakan ketentuan-ketentuan yang berlaku seperti penyelesaian suatu Rancangan Undang-undang dengan ketentuan:

a. Rapat-kerja dengan Pemerintah dilakukan o1eh Komisi-kornisi.

b. Rapat-kerja penvelesaian terakhir Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dilakukan antara Komisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara dengan Pernerintah.

c. Komisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara memperhatikan saran-saran/pendapat dari para Anggota, Badan Musyawarah, Komisi dan Fraksi-fraksi.

(2) Hasil pembahasan Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara disampaikan oleh Komisi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara kepada para Anggota Dewan Perwakilan Rakyat.

(3) Pembahasan Nota Keuangan dan Rancangan Anggaran Pen-

400