Halaman:Himpunan Peraturan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (1984).pdf/110

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


tuan-ketentuan dalam ayat 3.

(5) Apabila dari hasil pemungutan suara ternyata, bahwa calon-calon yang mendapat jumlah suara paling sedikit jumlahnya melebihi jumlah yang harus dihapuskan menurut ketentuan-ketentuan dalam ayat 3 dan 4 karena ada calon-calon yang mendapat suara sama banyaknya, maka dalam hal itu antara calon-calon yang mendapat suara sama banyaknya diadakan undian untuk turut dalam ulangan pemungutan suara sebanyak jumlah yang diperlukan.

Pasal 12.

(1) Sesudah seorang daripada calon-calon memperoleh jumlah suara terbanyak mutlak, maka Ketua Sementara mengumumkan hasil pemungutan suara itu dan selanjutnya membubarkan Panitia Pengumpul Suara yang dimaksud dalam pasal 9.

(2) Tentang pemilihan itu dibuat suatu pemberitaan yang ditandatangani oleh Ketua Sementara.

Pasal 13.

Untuk pencalonan dan pemilihan Wakil Ketua I, Wakil Ketua II dan Wakil Ketua III masing-masing berlaku ketentuan-ketentuan dalam peraturan ini yang berlaku bagi pencalonan dan pemilihan Ketua.

Pasal 14.

(1) Ketua dan Wakil-wakil Ketua bertugas penuh di gedung Dewan Perwakilan Rakyat, dengan ketentuan bahwa pada permulaan tahun-sidang diumumkan kepada Dewan Perwakilan Rakyat, bagaimana tugas dan pembagian kerja Ketua dan Wakil-wakil Ketua.

(2) Apabila Ketua berhalangan, maka kewajibannya dilakukan oleh Wakil Ketua I; apabila yang akhir ini berhalangan, ia diganti oleh Wakil Ketua II. Apabila Wakil Ketua II juga berhalangan, maka ia diganti oleh Wakil Ketua III. Apabila Ketua dan para Wakil Ketua berhalangan, maka untuk memimpin rapat mereka diwakili oleh anggota yang tertua umurnya.

(3) Ketentuan-ketentuan pada ayat 2 berlaku juga, apabila Ketua, Wakil Ketua I, Wakil Ketua II atau Wakil Ketua III meletakkan jabatannya atau meninggal dunia.

(4) Apabila jabatan Ketua atau Wakil-wakil Ketua menjadi lowong, maka Dewan Perwakilan Rakyat secepat-cepatnya mengadakan pemilihan Ketua atau Wakil Ketua; pasal-pasal 4 sampai 12 berlaku juga bagi pemilihan ini.

109