Halaman:Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957).pdf/99

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


Djenderal Maj. Burns, Komandan Pasukan Polisi P.B.B. sedang bertjakap-tjakap dengan Majoor Sugiarto, Wk. Kmd. Bat. Garuda.

dikuasai oleh bangsa Turki jang djuga beragama Islam. Waktu Perang Dunia ke-I, Turki memihak kepada Djerman. Tentara Inggris pada tanggal 9 Desember 1917, berhasil merebut Darulsalam dan menduduki seluruh Palestina.

Setelah perang berachir daerah-daerah djadjahan Turki diambil oleh pihak jang menang, jakni Inggris dan Perantjis. Pada tahun 1920 Lima Bangsa-bangsa (Volkenbond) menundjuk lnggris sebagai negara pemegang mandat atas Palestina.

Ketika Palestina ada dibawah keradjaan Turki, telah mulai banjak orang-orang Jahudi jang memakai Palestina kembali dan hidup damai dengan orang-orang Arab. Mereka ingin berdiam di Palestina, karena menurut kepertjajaan adalah tanah sutji dan menurut agamanja begitu erat hubungannja dengan mereka. Lama-lama makin banjak orang Jahudi dari segenap pendjuru dunia jang kembali ke Palestina. Kemudian mereka mendirikan organisasi jang bersifat politik pada tahun 1895. Organisasi itu terkenal dengan nama Zionisme atau

95