Halaman:Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957).pdf/88

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


tgl. 9 Djanuari 1957 pagi hari bertolak menudju ketempat tugas di Timur Tengah.

Sebelum pesawat-pesawat melepaskan diri dari landasan Kemajoran, K.S.A.D. dengan diantar oleh Attase Militer Amerika Serikat melihat/memeriksa dahulu keadaan pesawat-pesawat. Setelah itu diadakan upatjara perpisahan setjara militer, pendek dengan tiada pidato-pidato.

Pesawat Globemaster jang pertama meninggalkan Jandasan terbang Kemajoran pada djam 6.30 tepat. Tiap pesawat disusul oleh jang berikut 1/2 djam kemudian, sehingga baru pada djam 10.30 pesawat jang terachir dapat meninggalkan Kemajoran.

Dengan keberangkatan Pasukan Garuda I ke Mesir ini, maka untuk pertarna kalinja T.N.I. jang belum tjukup berusia 12 tahun ini mendjalankan tugas jang bersifat internasional diluar wilajah Negara Republik Indonesia. Tugas demikian itu, bukanlah sadja tugas jang mulia dan terhormat tetapi djuga berat. Tugas ini berat, karena Pasukan Garuda I haruslah mendjaga nama baik Negara dan Bangsa Indonesia diluar negeri, harus memperkenalkan sifat dan kepribadian pradjurit Indonesia jang mempunjai tradisi sendiri. Bagaimana baikpun penerangan jang kita berikan keluar negeri tentang Negara, Bangsa dan Tentara kita, tetapi djika pradjurit kita tidak membuktikannja dalam tugas di Mesir ini, maka hal itu akan merugikan usaha memperkenalkan Indonesia diluar negeri. Disinilah terletak titik berat dari tugas itu jang dibebankan kepada segenap anggauta Pasukan Garuda I.

Selain dari pada itu, pengalaman jang pertama ini akan merupakan peladjaran jang baik bagi T.N.I., jakni peladjaran untuk membuat kepentingan Negara, Bangsa dan Kepradjuritan sebagai landasan dari segenap tindak-tanduk baik dalam hubungan kedinasan maupun setjara pribadi, karena di Mesir segenap anggauta Pasukan ini akan diteropong oleh Bangsa dan tentara-tentara asing jang djuga sedang bertugas dalam rangka Pasukan P.B.B. di Mesir.

Dipandang dari segi individueel dari pada pradjurit, Pasukan Garuda ini, maka pengalaman selama di Mesir ini dapat merupakan suatu peladjaran jang besar nilainja. Dari padanja mereka dapat

84