Halaman:Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957).pdf/84

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


Garuda I pada tanggal 6 Djanuari 1957 akan mengadakan pawai bermusik di Ibu-kota.

Pasukan akan berangkat dari Lapangan lkada pada djam 17.00 menudju rumah Walikota Djakarta di Taman Surapati guna meminta diri dari Walikota sebagai lambang masjarakat ibu-kota. Pada kesempatan itu oleh Walikota akan diadakan periemuan ramah-tamah.

Djalan-djalan jang akan dilalui oleh pawai Pasukan Garuda I adalah: Lapangan Ikada, Prapatan, Kramat, Raden Saleh, Tjikini, Pegangsaan, Diponegoro, Taman Surapati.

Pada tanggal 7 Djanuari 1957 Pasukan Garuda I akan berkundjung ke Makam Pahlawan Kalibata dan Tugu Nasional di Pegangsaan Timur.

Tentang perhatian jang ditumpahkan oleh masjarakat Ibu-kota terhadap Pasukan tersebut dapat diberitahukan antara lain:

Bioskop-bioskop Menteng, Metropole, Garden Hall, Astoria, Grand, Globe, Cinema, Cathay dan Happy telah bersama-sama mengundang segenap anggauta Pasukan untuk menonton pada tanggal 5 Djanuari 1957 djam 18.00 bersama-sama dengan penonton-penonton Iainnja.

Pada tanggal 7 Djanuari 1957 malam oleh panitya Penggerak Seni Angkatan Perang akan diadakan malam hiburan untuk segenap Pasukan.

Atjara terachir ialah permintaan diri dari Pasukan Garuda I kepada Masjarakat pada hari keberangkatan mereka pada tgl. 9 Djanuari 1957. Untuk ini segenap Pasukan akan berbaris kelapangan terbang Kemajoran, Djalan-djalan jang akan ditempuh oleh barisan ini akan diumumkan segera. Demikian Penerangan Angkatan Darat.

Kami tidak akan menguraikan banjak tentang penjelesaian atjara tersebut, darimana bagian jang terachir tak dapat ditaksanakan karena keadaan, jaitu permintaan diri terachir dengan berbaris kelapangan Kemajoran pada tgl. 9 Djanuari 1957, jang terpaksa dihapuskan untuk mengedjar waktu.

Pawai dengan diiringi musik di Ibu kota mendapat perhatian jang sangat besar dari penduduk Djakarta. Penting ialah, bahwa masjarakat sangat menghargai pradjurit-pradjurit kita ini dan merasa bangga, bahwa mereka itu nanti akan mewakili kita diluar negeri dan mem-

80