Halaman:Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957).pdf/77

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


sertanja pasukan-pasukan kita dalam usaha P.B.B. untuk mempertahankan perdamaian, djuga akan berarti memberi tambahan-tambahan pengalaman jang berharga dalam lapangan kemiliteran. Disamping itu pengiriman pasukan Indonesia jang akan bertugas sebagai Polisi P.B.B. berarti pula salah satu pelaksanaan dari politik luar negeri kita jang bebas dan aktief menudju perdamaian dunia, dengan tindakan-tindakan jang njata.

Kesediaan Pcmerintah Indonesia memberikan bantuannja untuk polisi P.B.B. telah diberitahukan oleh Delegasi kita di P.B.B. kepada Sekretaris Djenderal Dag Hammarskjold. Negara kita dalam hal ini merupakan negara jang ke 17.

Keputusan Pemerintah Indonesia disetudjui pula oleh Presiden Nasser, sehingga persiapan-persiapan untuk pengiriman pasukan-pasukan itu segera dapat dimulai.

Ketentuan tanggal keberangkatan pasukan-pasukan dari Indonesia sudah diterima pula dari pihak P.B.B. jaitu pada tanggal 9 Djanuari 1957. Perdjalanan akan dilakukan dengan mempergunakan pesawat-pesawat Globemasters dari Angkatan Udara Amerika Serikat.

Sebelum pasukan-pasukan kita meninggalkan tanah air, maka lebih dahulu harus diadakan pula persiapan-persiapan di Mesir dan untuk ini akan berangkat suatu Missi Angkatan Darat terdiri dari 6 orang, dibawah pimpinan Kolonel Djatikusumo.

Anggauta-anggauta lain dari Missi tersebut ialah: Let. Kol. Hartojo, jang nanti akan mendjabat Komandan pasukan-pasukan Angkatan Darat Indonesia di Mesir, Let. Kol. Rahardjodikromo, Major Supit, Major Rachman Mansur dan Major Achmad Wiranatakusuma.

Kemudian akan menjusul pula rombongan ,,kwartier makers" jang bertugas mengurus perlengkapan-perlengkapan bagi pradjurit-pradjurit Indonesia, seperti misalnja bensin, makanan, tempat tidur dan sebagainja.

Pasukan-pasukan dari Indonesia jang akan bertugas di Mesir itu seluruhnja akan terdiri dari 3 kompi pasukan infanterie atau satu detasemen jang meliputi kira-kira 550 orang, dan akan dipilih dari pasukan-pasukan T.N.I. di T.T. IV, Djawa Tengah dan T.T.V Djawa Timur.

73