Halaman:Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957).pdf/57

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


jet Meteor dan pesawat-pesawat Curagan buatan Perantjis 24 pesawat jet Sabre dari Canada. Untuk mengangkut parachutis ada satu squadron C-47 dan pesawat-pesawat pelempar born lainnja jang tidak djelas djumlahnja, Flying Fortress dan pelempar born ringan Musquito.

Dengan adanja konsentrasi angkatan perang Mesir di Gaza dan Sinai, memang pada hari-hari pertama pasukan-pasukan pelopor Israel jang menjerbu mendapat pukulan-pukulan jang keras dari tentara Mesir dan sukar sekali mentjapai kemadjuan. Kemudian berhubung adanja ultimatum Inggris-Perantjis, Nasser memerintahkan untuk memindahkan pasukan-pasukan jang berada di Sinai dan Gaza beserta kesatuan-kesatuan berlapis badjanja kedaerah Suez. Menghadapi penjerbuan gerak tjepat Inggris-Perantjis dan pengedjaran pasukan-pasukan gerak tjepat Israel di Sinai dan Gaza, menjebabkan pertahanan Mesir mendjadi kalang kabut. Dengan tjepat maka Israel dapat melantjarkan operasinja dengan mudah disemenandjung Sinai dan dapat mentjapai djarak 10 mil dari terusan Suez.

Nasser bertindak dan menjerukan kepada seluruh dunia untuk membantu Mesir dengan tentara suka-rela guna menghalau kaum agressi Inggris-Perantjis-Israel.

Dari berbagai negara mengalir permintaan untuk mendjadi tentara suka-rela Mesir.

Sebagaimana kita ketahui dinegeri kita sendiri terdapat pula adanja kesibukan pendaftaran pasukan tersebut jang mendapat sambutan jang hangat dari rakjat Indonesia. Rusia sedia mengirim pasukan sukarela dan R.R.T. mengumumkan sudah siap sedia pasukan suka-relanja tinggal menanti saat pemberangkatannja. Pada tanggal 5 Nopember 1956 Rusia mengeluarkan antjaman kepada Inggris dan Perantjis akan mengadakan penembakan roket apabila tidak segera menghentikan agressinja. Sebaliknja panglima NATO Djenderal Alfred Grunter membalas antjaman Rusia dengan antjaman bahwa Barat akan membalas pula dengan serangan terhadap Rusia. Djadi bahaja perang dunia mengantjam apabila tidak segera tertjapai gentjatan sendjata di Mesir, karena Nasser tentu segera akan minta datangnja tentara suka-rela R.R.T. dan Rusia. Apabila hal itu terdjadi maka situasi akan mendjadi kalut lagi dan bahaja perang dunia tidak akan dapat terhindar lagi.

53