Halaman:Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957).pdf/162

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


Rombongan lain menurun-nurunkan jerrycans air dan dibawanja ketempat-tempat kantong air untuk dituangkan disitu. Jerrycans kosong diisi lagi dengan air dari trailler.

Jang Jain lagi menurunkan bahan-bahan mentah jang ada dalam truck. Semua sadja diturunkan, kool, bloemkool, boontjes, tomaat, daging lembu, roti, mentega, kedju, gelei, juice, susu. telur, appel, dan entah apa lagi. Dibawah pimpinan Bentara Pengawas Makanan, barang-barang tersebut dibagi-bagi, Untuk Pos El Kuntilla, Pos El Tharief', orang-orang Canada dan Norwegia dan penghuni-penghuni El Themed bagian Indonesia, sendiri. lni dilakukan teliti sekali, supaja pos-pos tidak merasa dianak tirikan, sehingga daerah-daerah ini memberontak terhadap ,,pusat".

Tak lama kemudian datang truck-truck dari El Kuntilla dan El Tharief, dengan membawa jerrycan-jerrycan kosong. Jang kosong turun, jang penuh naik, termasuk jerrycan-jerrycan sebanjak 30 buah untuk masing-masing pos. Karena pos-pos tersebut letaknja kurang lebih 60 km djauhnja dari tempat ini, maka berartilah bahwa air harus diangkut 120 km Jebih dahulu, agar pendjaga-pendjaga dipos dapat minum, dan itupun terbatas dengan 30 jerrycans sadja. Bahan-bahan makanan dinaikkan, dan sebentar lagi truck-truck tersebut telah tak berbekas lagi.

Demikian kesibukan pada pagi hari. Marilah kita keliling sebentar untuk melihat-lihat dengan Jebih mendalam. Agaknja kebersihan dan ketertiban didjaga benar-benar disini. Kita lihat lobang-lobang untuk: tempat sampah, dan dapat kita lihat hitam-hitam hangus. Djadi tiap-tiap kali sampah tersebut dibakar. Untuk buang air ketjil, dibuatkan tempat-tempat chusus dan untuk buang air besar disediakan tempat dalam djarak lebih kurang 100 m dari perkemahan. Dibuat dari pada drum-drum, dan dipagari oleh senz-senz, Tempat ini diberi tulisan besar-besar ,,use me", jang dapat dibatia dari diarak 100 m. Dihalaman depan, banjak djuga jang telah diselesaikan kawan-kawan. Umpamanja sadja tugu tiang bendera. Cement diambilnja dari rumah-rumah rusak di El Nakhl. Berapa karung sadja ada, asalkan mau mengangkutnja. Batu dikumpulkan dari reruntuhan resthouse. Dengan demikian, maka batu jang ditumpuk-tumpuk dan diberi cement merupakan tugu seri empat jang kokoh sentausa. Lalu ditiap-tiap bidang ditulis .. U.N.E.F. ,,Bn. INDONESIA., .. GARUDA I" dan.,C COY BRAWlDJAJA" (jang mengerdjakan dan menjelesaikan kebetulan Kompi C jang berasal dari T.T. V/ Brawidjaja). Untuk menjelesaikan itu, memakan waktu hampir sebulan.

Tepat ditengah-tenaah simpang tiga, jang masing-masing menudju ke El Kuntilla, El Tharief dan El Nakhl. ada bak tempat air jang sudah tak terpakai. Kubus itu ditjart putih, lalu diberi tulisan-tulisan djuga, diantaranja ada jang pakai huruf Arab.

Didalam tenda-tenda hidjau tersebut instruksi-instruksi dan perintah-perintah serta direntjanakan pelaksanaannja. Diatas medja darurat. kursi darurat, disebelah almari darurat. Tentara darurat ini sanggup melaksanakan tugas Inter-

158