Halaman:Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957).pdf/129

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


PENDAPAT DAN REAKSI TENTANG
PASUKAN GARUDA

Pendapat dan reaksi dari berbagai kalangan di Jordania mengenai Pasukan Garuda Indonesia, jang bertugas diperbatasan Mesir/Israel sebagai bahagian dari Pasukan Darurat P.B.B. (UNEF), dapat disimpulkan antara lain sebagai berikut:

Beberapa golongan pemuka rakjat berpendapat, bahwa Pasukan Garuda Indonesia itu sesungguhnja djauh lebih baik dari pada lainnja. Oleh sebab itu kepada Pasukan Garuda Indonesia dapat diberikan kepertjajaan sepenuh-penuhnja.

Sebab Pasukan ini sedjiwa dan sefaham dengan mereka serta dapat merasakan tudjuan dan tjita-tjita mereka.

Pada pokoknja sebenarnja tidak dapat disetudjui adanja suatu pasukan internasional, apapun tjorak dan bentuknja, untuk menetap didaerah ini seterusnja. Sebab adanja Pasukan jang demikian itu adalah merupakan satu langkah jang berbahaja bagi kepentingan dan kemaslahatan masa depan Bangsa Timur/Arab.

Dengan perantaraan dan berkedok pasukan internasional itu musuh akan dapat melakukan tipu muslihat dengan berbagai matjam djalan dan tjaranja jang terkenal litjin itu untuk mendjadjah mereka.

Dengan ikut sertanja Pasukan Garuda Indonesia dalam Pasukan Darurat P.B.B. itu bukan sadja sangat penting artinja dalam memberikan pertimbangan dalam Pasukan P.B.B. itu keseluruhannja, tetapi djuga penting bagi Pasukan Indonesia sendiri, karena dengan demikian ia dapat memperlihatkan kepada dunia internasional betapa tinggi mutu dan nilai Pasukan Indonesia pada umumnja.

Memang Tentara Indonesia dalam keseluruhannja telah mentjapai taraf internasional jang tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dan disaksikan sendiri pada beberapa puluh Anggota Pasukan Garuda Indonesia jang kebetulan mendapat kesempatan berkundjung kemari (Baitul-

125