Halaman:Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957).pdf/108

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


Husein adalah ajah Abdullah. Husein seperti telah kita ketahui adalah Sjarif Mekkah jang kemudian memproklamasikan dirinja sebagai radja Arab, dan kemudian menjatakan dirinja sebagai Kalifah.

Abdul Aziz lbn Saud dari dinasti Saud setelah berhasil mengalahkan dinasti Rasjid jang memerintah Najd, kemudian menjerang Husein dengan alasan tak berhak menggunakan gelar Kalifah. Pada tahun 1924, ia berhasil merebut Mekkah kemudian Medinah pada tahun 1925. Selandjutnja mengumumkan dirinja sebagai radja Hedjaz dan Sultan Najd tanggal 8 Djanuari 1926, dimana kemudian beliau menjatakan dirinja sebagai radja Arab Saudi. Pada tahun 1953 wafat dan diganti puteranja Su'ud Ibn Saud radja Arab Saudi sekarang.

Dengan adanja perbedaan politik itu achirnja Abdullah dituduh mengadakan perundingan tersendiri dengan Israel tentang Palestina. Perbuatan tersebut dikatakan menjimpang dari ketentuan Liga Arab, dimana telah disetudjui, bahwa negara-negara Arab anggauta Liga Arab harus bertindak sebagai satu negara dalam menghadapi Israel.

Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957) hal 108.jpg

Timbang terima dari tugas telah dilakukan dengan tjermat, seperti nampak diatas dilakukan antara Cie. A. dan Cie. B.

104