Halaman:Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957).pdf/100

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


gerakan Zion, dibawah pirnpinan Dr. Theodore Herzl. Tudjuan dari gerakan Zion itu antara lain:

a. Mempersatukan orang-orang Jahudi diseluruh dunia dalam satu bangsa (Nation) dan tidak sadja dalam pengertian ras.

b. Menuntut Palestina sebagai tanah airnja.

c. Mendirikan kembali negara Israel di Palestina.

d. Mengusahakan kembalinja orang-orang Jahudi ke Palestina.

Waktu Perang Dunia ke I, agar supaja orang-orang Arab suka melawan dan memberontak terhadap Turki, Inggris berdjandji akan memberi kemerdekaan kepada bangsa Arab (jang berarti Palestina masuk kedalamnja djuga). Sjarief Husein, dengan adanja djandji itu lalu mengobarkan revolusi Arab. Tanggal 7 Djuni 1916 mengumumkan kemerdekaan Hedjaz. Kemudian membentuk negara Arab merdeka serta memproklamasikan sebagai radja Arab pada tanggal 29 Oktober 1917. Tanggal 6 Nopember 1916 Inggris, Perantjis dan Rusia mengakui Husein sebagai Radja Hedjaz. Dikemudian hari setelah Inggris memperoleh kemenangan dalam perang, ternjata Husein hanja diakuinja sebagai radja Hedjaz dan bukan sebagai radja Arab.

Sebaliknja ketika orang Jahudi menjanggupkan bantuan kepada Inggris, untuk memikat orang-orang Jahudi diseluruh dunia pada tanggal 2 Nopember 1917, Inggris mengeluarkan Balfour Declaration. Dalam declarasi itu Inggris berdjandji akan menolong usaha kaum Zion dengan akan memberikannja ,,Perumahan Nasional Jahudi" (A Jewish National Home) di Palestina, dengan tidak merugikan kepentingan-kepentingan bangsa Arab. Bangsa Arab dengan sendirinja menentang, karena Palestina telah mendjadi tempat tinggal orang Arab, malah sudah turun-temurun dan telah memandang daerah itu sebagai tanah airnja.

Bentrokan-bentrokan mulai terdjadi antara orang-orang Jahudi dan orang-orang Arab diseluruh Palestina, walaupun demikian kaum Zion tetap mengusahakan imigrasi orang-orang Jahudi. Untuk melindungi dirinja, kaum Zion mendirikan organisasi bersendjata dengan nama ,,Haganah". Disamping itu ada organisasi bersendjata lain jang suka mengadakan terror dengan nama Irgun Swei Leumi. Kedua organisasi bersendjata tersebut mendjalankan pertempuran-pertempur-

96