Halaman:Garuda Perdamaian (Garuda Indonesia, 1957).pdf/10

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


SAMBUTAN KEPALA PENERANGAN ANGKATAN DARAT

PENERANGAN Angkatan Darat menjusun buku ,,Garuda Perdaimaian" ini adalah dengan maksud untuk mendjelaskan kepada segenap anggauta Angkatan Darat tentang hal-hal jang menjebabkan Pemerintah Rnepublik Indonesia telah memutuskan mengirimka sebuah pasukannja untuk Pasukan Darurat P.B.B. di Mesir.

Oleh karena Pasukan Garuda adalah pasukan jang pertama kalinja mewakili T.N.l. dalam tugas Internasional diluar wilajah Republik Indonesia, maka adalah pada tempatnja djika mereka mengetahui setjara mendalam tentang apa gunanja mereka bertugas di Mesir. Dan djuga adalah maksud Penerangan Angkatan Darat untuk meluaskan pengetahuan tentang tugas perdamaian dalam rangka tugas Pasukan Darurat P.B.B. Karena mungkin bahwa Pasukan Garuda I jang di Mesir kini akan disusul oleh Pasukan Garuda II dan seterusnja setjara bergiliran, dan mungkin pula bahwa kelak Indonesia akan mendapat kehormatan pula guna bertugas perdamaian dinegara jang lain.

Keinsjafan jang mendalam akan sebab pengiriman pasukan-pasukan T.N.l. guna bertugas diluar wilajah Indonesia, adalah sangat penting artinja, untuk mengimbangi segenap kesukaran jang dialami oleh pradjurit kita diluar negeri, jang djauh dari tanah-airnja, djauh bangsa dan masjarakatnja dan jang terutama djauh dari rumah dan keluarganja.

Adalah mendjadi tudjuan dan harapan kami, semoga buku ketjil ini dapat membajangkan segenap latar belakang dari pengiriman pradjurit-pradjurit Indonesia keluar negeri, agar para pradjurit terse-

8