Halaman:Brosur Lagu Kebangsaan - Indonesia Raya.pdf/10

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi

7

tingen Dienst (Jawatan Inteligen Politik) dan rasa bahwa lagu itu suci dan milik kita, mendorong orang toh untuk berbuat. Di mana ada tekanan di situ ada hasrat untuk lepas.

Akhirnya lagu Indonesia Raya berhasil berkumandang dalam alam bebas bersama bangsa Indonesia yang membentuk Republik Indonesia.

Pemerintah Indonesia mengesyahkannya sebagai LAGU KEBANGSAAN INDONESIA. Dan sebelum membicarakan lagu Kebangsaan Indonesia ini, dari permulaan sampai perkembangannya dengan perobahan-perobahan baik dalam irama dan nadanya, maupun dalam syairnya, maka lebih dulu kita perkenalkan pribadi W.R. Soepratman penciptanya.

Kelahiran Soepratman dan masa mudanya

Zaman dahulu umumnya orang Indonesia belum mempunyai catatan kelahiran anaknya. Buta huruf masih banyak. Selain itu sistem pendaftaran kelahiran adalah gejala baru. Biasanya sesuatu kejadian diceritakan orang dengan menyangkutkannya dengan lain kejadian guna pegangannya, misalnya meletusnya Gunung Krakatau.

Mengenai kelahiran W.R. Soepratman ini dalam buku “Sejarah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya” (W.R. Soepratman penciptanya) oleh Oerip Kasansengari Surabaya dikatakan demikian: “Lahir jam 11 siang pada tanggal 9 Maret 1903 hari Senen Wage, dibawah bintang Pisces, menurut perhitungannya dalam Almanak 100 Tahun karangan Wong Kang Fu di Surabaya”.

Bahwa penulis memerlukan menyebut “menurut Almanak 100 Tahun”, adalah satu bukti tidak adanya catatan dari ayahnya, hingga penulis memerlukan menelusur dengan petunjuk dari Almanak yang bisa menghitung surut. Per-