Halaman:Boenga Roos dari Tjikembang.pdf/6

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca

Siapa hendak salin atawa pertoendjoeken ini tjerita moesti minta idjin doeloe pada pengarangja atawa perkoempoelan atawa orang jang dikwasaken olehnja.


Semoea boekoe jang sah dari ini tjerita moesti dipertandaken tangan oleh



Boenga Roos dari Tjikembang.

Oleh K. T. H.

Hak pengarang dilindoengin oleh artikel 11 dari boekoe wet Staatsblad 1912 No. 600.


I
AWAN ITEM JANG MENDATENGIN.

Dalem boelan Januari antero tanah-tanah pagoenoengan di Preanger djadi basah tersirem oleh oedjan jang toeroen satiap hari. Semoea toemboe-toemboean djadi kaliatan seger dan montok, sedeng aer dari soengei-soengei jang biasanja begitoe djernih sekarang djadi boetek lantaran loempoer jang toeroen dari goenoeng terbawa oleh aer oedjan jang sabentar-bentar membikin timboelnja bandjir.

Hawa oedara poen djadi lebih sedjoek dari biasa, sedeng djalanan-djalanan ketjil di desa-desa ada penoe dengen loempoer dan djadi litjin hingga membikin soesah pada orang-orang jang bepergian. Tapi maski begitoe paman-paman tani moesti bekerja giat, aken patjoel itoe tanah-tanah jang soedah djadi lembek lantaran oedjan, sebar bibit di kebon-kebon jang sekarang bisa toemboeh dengen tjepat sekali, sedeng di sawa-sawa, jang tida kakoerangan aer, orang tani moelai tandoer dengen goembirah. Di ini moesim oedara di tanah pagoenoengan djadi lebih bersih dari biasa, dan kaloe kabetoelan tidak toeroen oedjan, pada saban sore orang bisa saksiken satoe pemandangan alam jang sanget menarik hati lantaran adanja sianr lajoeng jang di pentjarken oleh matahari jang ampir soeroep jang siarken di langit warna koening, merah, dadoe dan oengoe, jang begitoe indah dan goemilang, hingga tida ada satoe toekang gambar sanggoep loekisken dengen sampoerna. Itoe kaindahan djadi bertambah lagi kaloe orang me-