Halaman:Boekoe Peringatan dari Staatsspoor-en Tramwegen di Hindia-Belanda 1875-1925.pdf/7

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi


BOEKOE PERINGATAN

DARI

STAATSSPOOR- EN TRAMWEGEN

DI HINDIA-BELANDA 1875 – 1925

I. Begimana asal-asal djadinja Staatsspoor- en Tramwegen, begimana djadinja besar dan dari hal pimpinannja.

Pada tanggal 6 April 1925 hendaklah 50 tahoen lamanja, bahwa di Nederland moelai memoeatkan Staatsblad dari hal wet atas membikin perdjalanan spoor (spoorweg) oleh Gouvernement dari Soerabaja ka- Pasoeroean dan Malang, jang djaoehnja kira-kira 115 K.M.

Perdjalanan spoor ini boekankah jang pertama-tama, oleh karena didalam tahoen 1864 oleh Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij (N.I.S.) telah dimoelaikan membikin perdjalanan Spoor (spoorweg) dari Semarang ka-Solo dan Djogja, dimana pada tanggal 21 Mei 1873 soedah beres sama sekali, sedang tiada seberapa lama sebeloemnja perdjalanan spoor Semarang–Solo–Djogja itoe habis dikerdjakan, maka perdjalanan spoor Betawi–Bogor dari Maatschappij terseboet, soedah habis dikerdjakan djoega.

Pada pembikinnja perdjalanan spoor terseboet itoe, maka ada amat banjaklah kesoesahan jang tertampaknja, sehingga Maatschappij itoe beberapa kali hampir mendjadi failliet, sedang kesengsaraan dari natuur (jang boekan boeatan orang dan tiada dapat dikira) telah membikin lambatnja pekerdjaan.

Segala kesengsaraan jang didapatkan oleh N.I.S. itoe dan pendapatan kehasilan jang sedikit sekali didalam beberapa tahoen permoelaan sesoedahnja spoor itoe djadi, maka itoelah mendjadi sebab, bahwa dari fihak particulier tiada bisa dapat modal poela akan membikin perdjalanan spoor. Tlada seorangpoen jang soeka memasoekkan oeangnja didalam peroesahaan jang sedemikian itoe, dimana tiada dapat ditentoekan penghasilannja pada hari kemoedian.

Maka sebetoelnja poelau Djawa itoe, jang pada zaman itoe dianggap seboeah poelau jang berhasil sendiri diantero Hindia Belanda, ada perloe sekali diperbaiki atas perhoeboengannja dari satoe ke-lain tampat. Pada waktoe itoe maka hanja djalan-djalan biasa dan kali-kali sadja jang dapat menghoeboengkan dari satoe tempat ke-lainnja.

Djalan pos besar, jang terbikin oleh G.G. Daendels, itoelah mengadakan perhoeboengan ditanah Djawa dari Koelon mengetan, sehingga dapat menghoeboengkan