Halaman:Boekoe Peringatan dari Staatsspoor-en Tramwegen di Hindia-Belanda 1875-1925.pdf/11

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi

11

Dengan pertoeloengannja pegawai jang faham dan tjerdik, meski jang berpangkat tinggi, maoepoen jang berpangkat rendah, maka toean Maarschalk dapat mengerdjakan perdjalanan spoor itoe dengan sekoeat-koeatnja, sehingga pada hari Kemis tanggal 16 Mei 1878 perdjalanan keréta-api Soerabaja (kota)―Pasoeroean dapat diboeka dengan oepatjara (keramean) oleh Gouverneur-Generaal Mr. J. W. van Lansberge, jang pada tatkala itoe telah tiba di Soerabaja dengan soewami dan pengiringnja.

Pada tanggal 20 Juli 1879 maka lijn Bangil―Malang telah diboeka djoega dan sekarang antéro perdjalanan keréta-api itoe telah selesai sama sekali. Adapoen ongkos boeat membikin antero lijn itoe (aanlegkosten) sedjoemlah ada 9½ millioen roepiah, mendjadi ada koerangan ½ millioen dari pada begrootingnja.

Setelah lijn itoe moelai didjalankan exploitatie, maka orang dapat memakai sebagian pegawai dari aanleg itoe boeat mendjalankan dienst dari weg en werken dan dari tractie. Adapoen boeat administratieven dienst dan vervoersdienst tiada dapat pegawai jang faham atas pekerdjaän itoe. Lantaran dari itoe maka dari Nederland telah dikirim seorang contrôle-chef, seorang stationschef le klas dan 2 orang stationschef 3e klas, sedang oentoek pegawai selainnja telah mengambil dan mengadjar orang-orang dari tanah Djawa sadja.

Begimana baiknja pengadjaran (opleiding) itoe, maka orang jang toea-toea didalam dienst akan dapat menjaksikan itoe. Begimana djoega, maka opleiding itoe dibikin banjak dan orang dapat memoetoeskan bahwa oentoek pegawai rendah dan tengahan dari Staatsspoorwegen ditanah Djawa boleh ambil pegawai dari sini sadja, ketjoeali dari satoe-doea orang.

Setelah itoe orang tiada lantas tinggal diam sadja. Lambat laoen orang lantas mendapat kepertjajaän oentoek hari kemoedian atas keréta―api itoe, baik dari fihak pembesar, baik dari fihak particulier. Begitoe poela oentoek fihak particulier, apa lagi setelah ongkos pembikinnja djalanan tram dan exploitatienja dibelakang hari bisa djadi lebih moerah, itoelah tambah mendjadikan inginnja fihak particulier oentoek membikin djalanan tram. Lantaran dari pada itoe maka tram-tram jang sekarang ada, itoelah hampir semoea pembikinnja pada tatkala itoe djoega.

Begitoe djoega oentoek S.S. orang djadi terlebih soeka mengerdjakan itoe. Sekarang orang dapat memandang, bahwa Gouvernement djoega dapat membikin Spoorweg, dan boleh dipastikan bahwa pekerdjaänja itoe tiada lebih mahal dari pada pekerdjaännja Maatschappij particulier.

Teroetama poela kalau memandang Spoorweg dari N.I.S., jang lebih lama lebih banjak pendapatannja pengasilan, dan djoega kalau memandang Spoorwegnja sendiri, jang ternjata telah membikin kemadjoeannja tampat dan membikin mahmoernja