Halaman:Biografi tokoh kongres perempuan indonesia pertama.pdf/21

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi

13

dengan kaum laki-laki. Selanjutnya dikatakan juga jangan sampai kaum puteri dianggap rendah lagi sebagai pendapat orang-orang yang masih kolot pemikirannya.

Ungkapan Ny. Sukonto terbuat sesuai dengan keinginan dan cita-cita teman-teman seperjuangan yang secara bulat telah memberikan dukungannya. Di samping itu sebenarnya masih banyak lagi keperluan puteri Indonesia yang perlu diperbaiki. Karena itu dirasa penting untuk mengumpulkan perhimpunan-perhimpunan putri dari seluruh Indonesia guna berdamai dan memikirkan keperluan-keperluan tersebut. Keperluan seperti dikatakan Ny. Sukonto itu agar dibicarakan oleh utusan-utusan dari perhimpunan-perhimpunan puteri yang hadir dalam kongres.

Dalam mengakhiri sambutan pembukaan pada kongres perempuan yang bersejarah itu, dia tidak lupa menyampaikan rasa hormat dan mengucapkan terima kasih kepada R.T. Joyodipura yang telah banyak memberikan kemudahan sehingga semua perkumpulan kebangsaan dapat berkongres. Ucapan yang sama disampaikan pula kepada semua perkumpulan peserta kongres yang telah memberikan sumbangan uang, perkakas dan dukungan serta pemberian tempat pemondokan.

Dilihat dari sambutan Ny. Sukonto itu tampak dengan jelas bahwa kongres perempuan yang dipimpinnya berhasil dengan baik. Hal ini merupakan karya besar yang penuh nilai hlstoris dalam sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Peristiwa bersejarah ini selanjutnya diperingati sebagai Hari Ibu.

Setelah tidak menjabat ketua PPI, Ny. Sukonto aktif kembali di Wanito Utomo Yogyakarta sampai ia pindah ke Jakarta pada tahun 1929 untuk mendampingi suami. Di Jakarta ia masih menjadi anggota PPI. Pada tahun 1931 Ny. Sukonto menceburkan diri dalam pergerakan wanita. Kesibukannya di Jakarta waktu itu antara lain mendirikan asrama khusus untuk wanita baik yang sedang belajar ataupun yang tidak bekerja supaya mereka mendapat tempat tinggal yang murah dan terurus baik. Berkat bimbingan yang baik, maka para penghuni