Halaman:Amerta - Berkala Arkeologi 3.pdf/4

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini tervalidasi
PRAKATA
cetakan Ke — 2

 Amerta ke-3 ini pertama kali diterbitkan pada tahun 1955. Perjalanan para arkeolog pada tahun lima puluhan ke daerah Sumatera Selatan dan Jambi diuraikan hari demi hari sejak tanggal 1 Maret — 16 Maret 1954. Bab yang terakhir berisi ulasan ringkas hasil perjalanan tersebut.

 Perjuangan dan usaha untuk mencapai situs-situs arkeologi 30 tahun yang lampau ini tentu jauh berbeda dengan situasi dan keadaan yang kita hadapi sekarang. Selain nama situs yang berhasil dikunjungi, ataupun nama lokasi yang diduga mengandung temuan arkeologis namun belum sempat dikunjungi, Kita dapat mengetahui pula bagaimana keadaan sejumlah peninggalan arkeologis pada waktu itu. Data ini dapat dijadikan bahan perbandingan dengan keadaan sekarang dan bahan pengamatan penelitian selanjutnya.

 Setelah sekian puluh tahun kemudian, ternyata bahan tulisan ini tetap dapat kita manfaatkan. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya laporan perjalanan yang terperinci seperti ini. Saat ini di Puslit Arkenas terdapat wadah untuk menampung tulisan laporan - laporan perjalanan yaitu ”Kalpataru”. Mudah-mudahan dengan terbitnya Amerta ke - 3 ini dapat menggugah kalangan peneliti arkeologi untuk menulis perjalanannya dari pelosok-pelosok Indonesia lainnya.

Mei 1985

iii