Halaman:ADH 0008 A. Damhoeri - Pengawal Tambang Emas.pdf/10

Dari Wikisource bahasa Indonesia, perpustakaan bebas
Loncat ke navigasi Loncat ke pencarian
Halaman ini telah diuji baca

- 6 -

2. SALUNG EMAS

SEBERANG AIR, ialah nama sebuah daerah dalam Kabupaten Lima Puluh Kota yang beribu kota: Payakumbuh.

Sebuah sungai mengalir dari utara keselatan daerah itu. Hulunya di daerah Suliki. Disana sungainya masih sebesar parit. Tetapi setelah sampai didaerah ini sudah menjadi sebuah sungai yang besar. Ada anak-anaknya yang besar sehingga sungai ini bertambah besar. Sebelah utara Payakumbuh anaknya bernama batang Lampasi. Sebelah selatan kota anaknya bernama: Batang Agam. Selain itu ada anak-anaknya yang lain yang kecil-kecil

Nama sungai itu Batang Sinamar. Sebelah hilir sekali nanti akan menyatu dengan temannya ialah batang Ombilin yang menyalurkan air dari danau Singkarak. Maka bernamalah ia batang Kuantan atau sungai Inderagiri yang bermuara di selat Berhala.

Batang Sinamar ini tak dapat dimanfaatkan untuk pengairan sawah-sawah sebab palungnya jauh terletak dilokasi persawahan. Untuk MCB pun sungai ini tidak terpakai. Maksudnya untuk mandi-cuci-berak sungai ini tak ada atau jarang sekali dipergunakan. Sebab mengalirnya jauh dari daerah pedesaan, dan airnya keruh-keruh kerak. Sepanjang tepinya dipenuhi oleh pohon-pohon baru. Jadi penduduk kurang bersahabat dengan sungai ini. Malahan sering terjadi permusuhan dengan sungai ini. Bila musim banjir airnya akan melimpah keluar palungnya dan menggenangi puluhan hektar sawah-sawah. Tidak itu saja tetapi diangkutnya ratusan ton pasir dan krekel lalu ditimbunkannya di sawah-sawah itu.

Manfaat sungai itu banya dicari ikannya Ikannya jenis garing, gurami dan besar-besar.

Kira-kira tiga kilo meter sebelah timur sungai ini berbarislah bukit-bukit yang berlereng terjal dan ada yang bukit batu. Disebelahnya terbentang rimba raya yang sejauh 15 hari perjalanan manusia dewasa. Dan akan sampai di daerab Riau yakni daerah Kampar Kiri. Hutan itulah yang bernama Rimba Mangkisi.Hanya ada satu-satunya celah memasuki rimba itu yang menjadi palung anak batang Sinamar, namanya batang Mangkisi. Ada beberapa puncaknya yang tinggi sehingga merupakan gunung kecil seperti: bukit Camin, bukit Tembilang, dan lain lainnya.